Tata Cara Berwudhu Yang Baik dan Benar

Tata Cara Berwudhu - Pengertian dan definisi Wudhu menurut bahasa berasal dari kata kata Al-Wadha’ah, yang mempunyai arti kebersihan, kecerahan dan keindahan seangkan wudhu menurut syari’at adalah membasuh di anggota tubuh tertentu dengan niat tertentu. wudhu sendiri adalah salah satu cara menyucikan anggota tubuh dengan air. kita sebgai seorang muslim diwajibkan bersuci setiap akan melaksanakan ibadah wajib semisal shalat. jika tidak ada air maka berwudhu bisa pula menggunakan debu yang disebut dengan tayammum. selengkapnya mengenai tayammum bisa dilihat di tata cara tayammum.


Tata Cara Berwudhu Yang Baik dan Benar

Hukum berwudhu sendiri adalah wajib dilakukan ketika hendak melakukan ibadah shalat dan thawaf. Ini berdasar sebagaimana firman Allah SWT dan hadits berikut:

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat maka basuhlah mukamu, kedua tanganmu sampai siku dan sapulah kepalamu serta basuhlah kedua kakimu sampai mata kaki." (Q.S. Al-Maidah : 6).


"Dari Rasulullah saw. beliau bersabda: Shalat salah seorang di antara kalian tidak akan diterima apabila ia berhadas hingga ia berwudu." (H.R. Abu Hurairah ra).



Wudhu’ sendiri disyari’atkan bukan hanya ketika kita hendak beribadah, bahkan juga disyari’atkan dalam seluruh kondisi dan keadaan apapun. Oleh karena itu, seorang muslim dianjurkan agar selalu berada dalam kondisi bersuci (wudhu’) sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasullullah SAW dan para sahabatnya yang senantiasa terjaga dalam keadaan suci (memiliki wudhu).

Berwudhu sendiri merupakan ilmu dasar yang wajib dipelajari dan diketahui oleh seorang muslim. ini dikarenakan fungsi utama wudhu adalah untuk menghilangkan hadast kecil dan merupakan syarat syah sholat. Nah, kami akan menjelaskan detail lengkap mengenai tata cara berwudhu yang baik dan benar sesuai tuntunan ahlussunnah waljama'ah serta berdasarkan dengan mazhab Imam Syafi'i. bab wudhu yang akan dibahas mulai dari syarat syarat wudhu, fardhu fardhu wudhu, sunnah sunnah berwudhu, bacaan niat wudhu hingga hal hal yang membatalkan wudhu. langsung saja anda masuk ke tautan dibawah ini untuk lebih lengkapnya mengenai tata cara berwudhu yang lebih jelas dan detail . . .

BAB Wudhu | Tata Cara Wudhu yang baik dan benar :

 






Nah, itu tadi sekilas informasi fiqih islam mengenai BAB wudhu berdasarkan mazhab Imam Syafi'i. semua tata cara berwudhu diatas sudah selayaknya dipahami dan dimengerti oleh seorang muslim dikarenakan wudhu menyangkut dari pada syarat sah sholat yang merupakan ibadah wajib bagi kita seorang muslim. sekian dulu artikel yang membahas mengenai wudhu kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kita semua. waalaikumsalam WR WB.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan