Daftar 10 Nama Malaikat ALLAH SWT dan Tugasnya

Muslimfiqih - Malaikat merupakan makhluk ciptaan ALLAH SWT yang selalu menyembah, patuh dan taat kepada perintah ALLAH SWT. malaikat diciptakan ALLAH SWT dari nur/cahaya dan tidak memiliki nafsu. jumlah malaikat sangat banyak sekali, namun tidak ada yang mengetahui jumlah pasti keseluruhan malaikat ciptaan ALLAH SWT, namun yang wajib kita ketahui berjumlah 10 malaikat saja. beriman dan mempercayai keberadaan malaikat hukumnya wajib dan merupakan salah satu dari 6 rukun iman dalam islam.

Baca juga : 99 asmaul husna dan artinya

Para malaikat tersebut diberikan tugas tugas khusus oleh ALLAH SWT. masing masing malaikat selalu menjalankan tugas dari tuhannya dan tidak pernah ingkar kepada ALLAH SWT. bagi kita seorang muslim tentu wajib hukumnya mengetahui nama nama malaikat tersebut beserta tugas tugasnya. berikut ulasan lengkapnya . . .

Nama Malaikat ALLAH SWT dan Tugasnya

Daftar 10 Nama Malaikat ALLAH SWT dan Tugasnya :

1. Jibril

Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu dari ALLAH SWT kepada para Nabi dan Rasul utusan Allah SWT.

2. Mikail

Malaikat Mikail bertugas membagikan/memberi rezeki kepada manusia seperti turunnya hujan, tumbuhnya tumbuh tumbuhan dan lain sebaginya.

3. Israfil

Malaikat Israfil bertugas meniup terompet sangkakala di hari kiamat dan hari kebangkitan sebagai pertanda bahwa kiamat telah datang.

4. Izrail

Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa.

5. Munkar

Malaikat Munkar bertugas menanyai amal perbuatan manusia di alam kubur dan menyiksa manusia di alam kubur atas sebab perbuatan buruknya di dunia.

6. Nakir

Malaikat Munkar bertugas menanyai amal perbuatan manusia di alam kubur dan menyiksa manusia di alam kubur atas sebab perbuatan buruknya di dunia.

7. Raqib

Malaikat Raqib bertugas mencatat amal perbuatan baik manusia semasa hidupnya.

8. Atid

Malaikat Atid bertugas mencatat amal perbuatan buruk manusia semasa hidupnya.

9. Malik

Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka.

10. Ridwan

Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga.

Nah, itu tadi sekilas informasi mengenai nama nama Malaikat beserta tugas tugasnya. yang perlu anda ingat adalah beriman kepada malaikat ALLAH SWT masuk urutan ke dua dalam rukun iman sehingga anda diharuskan mengetahui tentang mereka baik nama dan tugasnya sebagai seorang muslim. sekian dulu artikel muslim fiqih kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah keimanan anda semua.

2 Replies so far - Add your comment

  1. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. ini mantap ngan... selain ngeblog juga bisa jadi sarana untuk pembelajaran ilmu agama...

    BalasHapus

Artikel Islam Pilihan