10 Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diketahui

10 Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya - Malaikat merupakan makhluk ciptaan ALLAH SWT yang selalu menyembah, patuh dan taat kepada perintah ALLAH SWT. malaikat diciptakan ALLAH SWT dari nur/cahaya dan tidak memiliki nafsu.

Jumlah malaikat sangat banyak sekali, namun tidak ada yang mengetahui jumlah pasti keseluruhan malaikat ciptaan ALLAH SWT, namun yang wajib kita ketahui berjumlah 10 malaikat saja. beriman dan mempercayai keberadaan malaikat hukumnya wajib dan merupakan salah satu dari 6 rukun iman dalam islam.

Baca juga : 99 asmaul husna dan artinya

Para malaikat tersebut diberikan tugas tugas khusus oleh ALLAH SWT. masing masing malaikat selalu menjalankan tugas dari tuhannya dan tidak pernah ingkar kepada ALLAH SWT. bagi kita seorang muslim hanya diwajibkan mengetahui 10 malaikat saja.

Nama Malaikat ALLAH SWT dan Tugasnya

10 Nama Nama Malaikat dan Tugasnya


Dan untuk lebih jelasnya menenai nama nama malaikat dalam islam, berikut ini daftar 10 nama malaikat yang wajib diketahui lengkap beserta tugas-tugasnya.

1. Jibril


Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu dari ALLAH SWT kepada para Nabi dan Rasul utusan Allah SWT.

2. Mikail


Malaikat Mikail bertugas membagikan/memberi rezeki kepada manusia seperti turunnya hujan, tumbuhnya tumbuh tumbuhan dan lain sebaginya.

3. Israfil


Malaikat Israfil bertugas meniup terompet sangkakala di hari kiamat dan hari kebangkitan sebagai pertanda bahwa kiamat telah datang.

4. Izrail


Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa.

5. Munkar


Malaikat Munkar bertugas menanyai amal perbuatan manusia di alam kubur dan menyiksa manusia di alam kubur atas sebab perbuatan buruknya di dunia.

6. Nakir


Malaikat Nakir bertugas menanyai amal perbuatan manusia di alam kubur dan menyiksa manusia di alam kubur atas sebab perbuatan buruknya di dunia.

7. Raqib


Malaikat Raqib bertugas mencatat amal perbuatan baik manusia semasa hidupnya.

8. Atid


Malaikat Atid bertugas mencatat amal perbuatan buruk manusia semasa hidupnya.

9. Malik


Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka.

10. Ridwan


Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga.

Nah, itu tadi sekilas informasi mengenai 10 nama nama Malaikat dan tugas tugasnya. yang perlu anda ingat adalah beriman kepada malaikat ALLAH SWT masuk urutan ke dua dalam rukun iman sehingga anda diharuskan mengetahui tentang mereka baik nama dan tugasnya sebagai seorang muslim. sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah keimanan anda semua. Wallahu a'lam.

5 Komentar untuk "10 Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diketahui"

  1. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. ini mantap ngan... selain ngeblog juga bisa jadi sarana untuk pembelajaran ilmu agama...

    BalasHapus
  3. Gan mungkar ada dua tuh, coba cek lagi deh tau saya yg salah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas koreksinya :)

      Hapus
  4. Bagus bisa menambah ilmu agama

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel