Bacaan Doa Qunut Subuh Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Doa Qunut Subuh Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya - Kali ini akan dibahas mengenai bacaan doa qunut subuh. Doa Qunut ini dibaca khsusus saat melaksanakan ibadah sholat subuh. Kami sajikan bacaan doa qunutnya lengkap dalam lafadz bahasa arab, tulisan latin dan artinya.

Sebagai seorang muslim kita tentu sudah tidak asing lagi dan sering melaksanakan qunut. seperti yang sudah kita ketahui, qunut dilakukan seorang muslim pada saat melaksanakan sholat subuh tepatnya saat i'tidal (setelah rukuk). Kata qunut sendiri berasal dari kata qanata, artinya patuh dalam mengabdi (kepada Allah).

Hukum melaksanakan qunut sendiri adalah sunnah muakkad/ab'ad(sunnah yang dikuatkan). dengan begitu, meskipun sunnah, namun kita sangat dianjurkan untuk membaca doa qunut pada saat menjalankan shalat subuh agar ibadah yang kita lakukan semakin sempurna dan diterima oleh ALLAH SWT.

Baca : doa sebelum dan sesudah tidur

Nah, bagi anda yang masih belum hafal doa qunut, kali ini kami akan menyajikan artikel mengenai bacaan doa qunut sholat subuh yang benar dalam teks arab dan latin lengkap beserta terjemahannya dalam bahasa indonesia.

Bacaan Doa Qunut Subuh Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa Qunut Arab

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ 

وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ 

وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ 

وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ 

وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،

فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ 

وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ 

وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ 

تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ 

فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ 

وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ 

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ


Doa Qunut Latin

Allah hummah dinii fiiman hadait.
Wa'aa finii fiiman 'aafait.
Watawallanii fiiman tawal-laiit.
Wabaariklii fiimaa a'thait.
Waqinii syarramaa qadhait.
Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik.
Wainnahu laayadzilu man walait.
Walaa ya'izzu man 'aadait.
Tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.
Falakalhamdu 'alaa maaqadhait.
Astaghfiruka wa'atuubu ilaik.
Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi Wasallam.

Terjemahan Bahasa Indonesia Bacaan Qunut

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pda segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena, sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engaku beri kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah engkau pastikan. Aku mohon ampun dan kembalilah (taubat) kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas nabi Muhammad beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membaca Bacaan Qunut

Hal yang perlu diperhatikan saat membaca doa qunut adalah bahwa bacaan diatas berlaku jika anda mengerjakan sholat secara munfarid(sendiri). namun jika anda bertindak sebagai imam, maka ada beberapa huruf yang harus dirubah, berikut penjelasannya.

"Allah humah dini" diganti "Allah humah dina"
"Wa'a fini" diganti "Wa'a fina"
"Watawallani" diganti "Watawallana"
"Wabarikli" diganti "Wabariklana"
"Waqinii" diganti "Waqina"

Kata "dini" digunakan saat anda sedang sholat sendirian karena "dini" disini bermakna saya, sedangkan saat anda menjadi imam, maka kata diubah menjadi "dina" yang berarti banyak/kami.

Semoga artikel tentang Bacaan Doa Qunut Subuh Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya diatas bisa bermanfaat dan membantu memberi pemahaman bagi yang belum mengerti. Jangan lupa juga untuk membedakan doa qunut saat bertindak sebagai imam. kesalahan hanya milik manusia, kesempurnaan hanya milik ALLAH SWT. Wallahu a' lam.

2 Replies so far - Add your comment

  1. Thank you for your commissions over the years to keep us updated on very important matters. It is indeed a profitable creation having your blog.

    BalasHapus

Artikel Islam Pilihan