Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat, Udara dan Laut Beserta Artinya

Doa naik kendaraan - Kali ini akan dibagikan lafadz bacaan doa naik kendaraan, baik kendaraan darat, udara maupun laut. Lafadz doa ini hendaknya dibaca ketika kita bepergian menggunakan kendaraan, baik kendaraan darat, kendaraan udara ataupun kendaraan laut. Nabi Muhammad SAW selalu mengajari kita dengan berbagai ilmu kebaikan dan selalu mengingatkan kita agar senantiasa berdoa.

Salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah saat kita menaiki kendaraan saat sedang bepergian. Hal ini tentu dimaksudkan agar Allah SWT selalu menjaga kita selama perjalanan dan selamat sampai tujuan serta tidak mengalami musibah yang tidak diinginkan. Kendaraan yang dimaksud bisa berupa kendaraan darat, laut atau kendaraan udara sekalipun.

Rasul sendiri telah mengajarkan doanya seperti yang diriwayatkan dari sebuah hadits. Nabi senantiasa membaca doa ini saat beliau akan melakukan perjalanan dan telah menaiki kendaraannya. Kita tentu tidak mengharapkan adanya hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan. Untuk itu penting membaca doa untuk memohon perlindungan pada Allah selama dalam perjalanan.

Nah berikut ini akan dibagikan bacaan doa ketika naik kendaraan yang benar sesuai sunnah, baik kendaraan darat seperti motor dan mobil, kendaraan udara seperti pesawat terbang atau kendaraan laut seperti kapal dan perahu. Bacaan doa akan dibagikan dalam lafadz arab, tulisan latin serta arti dan terjemahan bahasa Indonesianya.

(baca juga doa perjalanan jauh)

Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat, Udara dan Laut

Bacaan Doa Naik Kendaraan


Dalil yang mendasari doa naik kendaraan ini tercantum dalam hadits shahih riwayat Imam Muslim : 2392, Ibnu Huzaimah : 2340, dan yang lainnya, yang menyatakan bahwa do’a ini dibaca Rasulullah ketika beliau akan bepergian dan sudah berada di atas (kendaraan).

أللهُ أَكْبَرُ, أللهُ أَكْبَرُ, أللهُ أَكْبَرُ. سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ
مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ
وَالتَّقْوَى وَمِنْ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ
عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِي الأَهْلِ اللَّهُمَّ
إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي
الْمَالِ وَالأََهْلِ

Artinya : Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Mahasuci (Allah) Dzat Yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu mengusasinya, dan sesungguhnya kepada Tuhan kami tempat kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan dan ketakwaan dan amal yang Engkau ridhoi pada perjalanan kami ini. Ya Allah, ringankanlah perjalanan kami ini dan dekatkanlah jaraknya yang jauh. Ya Allah, Engkaulah kawan (yang melindungi) perjalanan dan wakil (yang menjaga) keluarga kami. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan perjalanan dan keburukan pemandangan dan kejelekan di saat kembali, pada harta dan keluarga.

Doa Naik Kendaraan Darat


سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

SUBHAANAL LADZII SAKHHORO LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA ROBBINAA LAMUNGQOLIBUUNA.

Artinya : Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Doa Naik Kendaraan Laut dan Udara


بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

BISMILLAAHI MAJRAHAA WA MURSAAHAA INNA ROBBII LAGHOFUURUR ROHIIM

Artinya : Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.

Keterangan :

Doa ini bersumber dari Al-Qur'an, surat Huud ayat 41. Di zaman Rasulullah, doa ini hanya digunakan saat menaiki kendaraan laut, lalu setelah ada pesawat terbang, doa ini juga dipakai saat menaiki pesawat terbang, sehingga menaiki kendaraan laut dan udara doanya ialah sama.

Demikianlah teks bacaan doa naik kendaraan darat, udara dan laut lengkap dalam bahasa Arab, latin dan artinya bahasa Indonesia. Senantiasa bacalah doa tersebut agar kita selalu terjaga selama perjalanan. doanya tidak panjang dan bisa denga mudah dihafal, semoga pembaca bisa mendapatkan manfaatnya. Wallahu a' lam.

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat, Udara dan Laut Beserta Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel