Nama Anak Nabi Muhammad SAW

Nama Anak Nabi Muhammad SAW - Sebagai seorang muslim dan pecinta Nabi Muhammad SAW. sudah sepatutnya kita mengetahui mengenai sejarah, kepribadian, perjuangan dal hal hal lain mengenai Rasulullah SAW. salah satu yang penting adalah mengenal dan mengetahui tentang keluarga Rasulullah SAW. untuk itu pembahasan kali ini akan menjelaskan mengenai anak anak Rasulullah SAW. ada berapa jumlah anak Nabi Muhammad SAW, berapa anak Nabi Muhammad SAW yang wanita dan berapa yang pria, semua pertanyaan tersebut akan terjawab legkap disertai profil singkat anak anak Rasulullah SAW.

baca juga : bacaan sholawat nariyah

Rasulullah SAW diberi oleh ALLAH SWT keturunan berjumlah 7 orang anak. 3 orang laki laki serta 4 orang perempuan. semua anak anak Nabi Muhammad SAW lahir dari rahim ummul mukminin Khadijah binti Khuwailid RA kecuali satu orang saja yaitu yang bernama Ibrahim, Ibrahim sendiri lahir dari rahim Mariyah Al Qibthiyyah. kesemua anak laki laki Rasulullah SAW meninggal pada usia yang masih kecil. berbeda dengan putri putri Nabi yang tumbuh beranjak dewasa dan melaksanakan pernikahan. bahkan anak beliau Fatimah Az-Zahra yang menikah dengan Ali bin abi thalib memiliki keturunan laki laki hasan dan husei yang nasabnya terus bersambung hingga kini. untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan dibawah ini . . .

Nama Anak Nabi Muhammad SAW

Nama Anak Nabi Muhammad SAW :

Anak Laki Laki Rasulullah SAW


1. Qasim

Qasim adalah putra pertama Rasululah SAW, ia lahir dan juga meninggal sebelum Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertamanya. Qasim meninggal pada usia 2 tahun. Qasim lahir dari istri Rasulullah Khadijah RA.

2. Abdullah

Abdullah adalah putra kedua Rasulullah yang juga lahir dari Khadijah RA. Abdullah biasa disebut juga at-Thayyib dan at-Thahir. menurut pendapat ia lahir setelah masa kenabian dan meninggal pada usia yang masih sangat kecil.

3. Ibrahim

Ibrahim adalah putra ketiga Rasulullah SAW. ia dilahirkan di Madinah tahun 8 H dan wafat saat berusia 17 atau 18 bulan. Ibrahim adalah anak Nabi Muhammad SAW yang terakhir/bungsu. Ibunya bernama Mariyah Al Qibthiyyah.

Anak Perempuan Rasulullah SAW


1. Zainab

Zainab adalah putri tertua Rasulullah SAW. ia menikah dengan Abu al-Ash bin al-Rabi’ dan memiliki 1 putri bernama umamah. zainab wafat pada tahun 8 H. Zainab lahir dari rahim Khadijah.

2. Ruqayyah

Ruqayyah adalah putri kedua Rasulullah setelah Zainab yang juga anak dari Khadijah. Ruqayyah menikah dengan sahabat Rasulullah SAW Ustman bin Affan RA. pasangan mulia ini dianugrahi anak bernama Abdullah yang meninggal pada usia 6 tahun. Ruqayyah wafat pada saat dimana umat islam meraih kemenangan di perang badar.

3. Ummu Kultsum

Setelah Ruqayyah wafat, Rasulullah menikahkan Utsman dengan putrinya yang lain, Ummu Kultsumradhiallahu ‘anha. Oleh karena itulah Utsman dijuluki dzu nurain (pemilik dua cahaya) karena menikahi dua putri Rasulullah, sebuah keistimewaan yang tidak dimiliki sahabat lainnya. Ummu Kultsum dilahirkan oleh Khadijah dan wafat pada bulan Sya’ban tahun 9 H dan tidak memiliki putra maupun putri dari pernikahannya dengan Ustman bin Affan RA.

4. Fatimah Az-Zahra

Fatimah Az Zahra adalah putri bungsu dan merupakan putri paling dicintai Rasulullah SAW. ia dilahirkan dari rahim Khadijah. ia adalah teladan kaum wanita di muka bumi. fatimah lah satu satunya anak Rasulullah SAW yang ada saat Rasulullah SAW Meninggal dunia. Fatimah menikah dengan Ali bin Abi Thalib dan diahugrahi 4 orang anak, 2 orang putra yang diberi nama hasan dan husein serta 2 orang putri yang diberi nama zainab dan ummu kultsum. Fatimah wafat pada 2 Ramadhan tahun 11 H, yaitu 6 bulan setelah ayah tercintanya meninggal dunia.

Itu tadi merupakan profil biografi anak anak Nabi Muhammad SAW yang sudah sepantasnya kita ketahui. beliau adalah Nabi kita semua, orang paling mulia di muka bumi, panutan dan teladan kita. bagaimana mungkin silsilah dan nama nama keluarganya kita tidak tahu sedangkan nama nama artis idola kita hafal diluar kepala. maka dari itu pelajari dan hafal nama nama anak Nabi Muhammad SAW diats. wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan