Bacaan Doa Nabi Adam AS dan Artinya

Bacaan Doa Nabi Adam AS dan Artinya - Pembahasan kali ini masih akan berbicara megenai doa. sudah sepantasnya kita selalu dan senantiasa berdoa kepada ALAH SWT setiap saatnya. anda bisa berdoa dengan doa apapun yang baik, namun ada beberapa doa yang afdhol dan utama karena diamalkan dan dibaca langsung oleh para Nabi Nabi utusan ALLAH SWT.

Salah satu doa yang memiliki banyak manfaat dan khasiat dalah doa Nabi Adam AS. doa yang biasa dibaca oleh Nabi Adam AS ini memiliki banyak sekali fadhilah dan keutamaan bagi pembacanya salah satunya adalah diampuni dosanya dan dicukupkan rezekinya oleh ALLAH SWT serta banyak manfaat lainnya.

Diriwayatkan oleh Aisyah – semoga Allah SWT meridhoinya – bahwa ketika Allah SWT berkehendak untuk menerima taubat Nabi Adam, beliau tawaf mengelilingi ka’bah 7 kali kemudian beliau salat dua rakaat lalu membaca doa di atas. Kemudian Allah mewahyukan kepada Nabi Adam: “Aku telah ampuni engkau, dan tidaklah seorang dari keturunanmu yang membaca doa seperti yang engkau baca itu kecuali Aku akan mengampuni dosanya, aku singkap segala keluh kesahnya, dan aku cabut kefakira dari hadapannya, dan aku akan berniaga untuknya dibalik segala para saudagar, dan dunia akan datang kepadanya mau atau tidak mau, walaupun ia tidak menginginkannya.

baca juga : Doa Habib Ali Al-Habsyi

Berikut ini kami sajikan lafadz bacaan doa Nabi Adam AS dalam teks/tulisan arab lengkap beserta terjemahan/arti bahasa indonesianya, terdapat pula doa Nabi Adam AS ketika memohon ampun dan bertobat kepada ALLAH SWT . . .

Bacaan Doa Nabi Adam AS dan Artinya

Bacaan Doa Nabi Adam AS dan Artinya :

Doa Nabi Adam Versi Tulisan Arab


دعاء نبي الله آدم عليه السلام
اَللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّيْ وَعَلاَنِيَتِيْ فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِيْ، وَتَعْلَمُ حَاجَتِيْ فَأَعْطَنِيْ سُؤْلِيْ، وَتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ ذَنْبِيْ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ إِيْمَانًا
دَائِمًا يُبَاشِرُ قَلْبِيْ، وَأَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَنْ يُصِيْبَنِيْ إِلاَّ مَا كَتَبْتَهُ عَلَيَّ، وَالرِّضَا بِمَا قَسَمْتَهُ لِيْ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ

Terjemahan Doa Nabi Adam


Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Tahu keadaaan batin dan zahirku, maka terimalah alasanku, dan Engkau Maha Tahu akan hajat / keperluanku maka berilah aku segala permintaanku, dan Engkau Maha Tahu akan apa yang ada dalam diriku maka ampunilah dosaku. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu iman yang langgeng yang selalu melekat pada hatiku, dan aku memohon keyakinan yang sunguh-sungguh hingga aku tahu bahwa tidak akan menimpaku kecuali apa-apa yang telah Engkau tetapkan kepadaku, dan aku memohon kerelaan atas apa yang Engkau bagikan kepadaku, wahai Yang Maha memiliki keagungan dan kemuliaan.

Dalam kitab Al-Maslakul Qoriib karya Al-Habib Thohir bin Husain bin Thohir terdapat tambahan seperti di bawah ini :



اَللَّهُمَّ أَطِلْ عُمْرِيْ فِي طَاعَتِكَ وَمَعْرِفَتِكَ وَامْلَأْ قَلْبِيْ مِنَ الْيَقِيْنِ مَا تَهُوْنُ بِهِ مَصَائِبُ الدُّنْيَا وَهَوِّنْ عَلَيَّ سَكْرَةَ الْمَوْتِ وَاخْتِمْ لِيْ بِالْحُسْنَى
وَارْزُقْنِيْ مُرَافَقَةَ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي اْلآخِرَةِ فِي جَنَّةِ الْخُلْدِ وَنَعِّمْنِيْ بِلَذَّةِ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ

Artinya :


Ya Allah, panjangkanlah umurku dalam ketaatan kepada-Mu dan mengenal-Mu, dan penuhilah hatiku dengan keyakinan yang mana dengannya menjadi ringanlah segala musibah dunia , dan ringankanlah atasku sekaratul maut, dan tutuplah usiaku dengan keadaan yang terbaik, dan rezqikanlah aku pertemanan dengan Nabi-Mu Muhammad – semoga Allah selalu melimpahkan salawat dan salam – di akhirat dalam surga khuldi dan berilah aku nikmat dengan memandang ‘wajah’-Mu yang mulia.

Doa Nabi Adam AS Memohon Ampun


Setelah melanggar perintah ALLAH SWT dengan memakan buah khuldi yang seharusnya dilarang untuk dimakan, Nabi Adam pun memohon ampun kepada ALLAH SWT dengan memanjatkan sebuah doa. Dalam kondisi ini, nabi Adam AS dan Hawa bertaubat dan mengangkat tangan sambil berdoa sebagai berikut . . .
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Terjemahannya :


“Keduanya berkata: Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.

Nah demikianlah tentang doa Nabi Adam Alaihissalam lengkap beserta artinya. Doa doa diatas memiliki makna yang dalam serta manfaat yang besar bagi pembacanya. semoga semua doa kita senantiasa dikabulkan oleh ALLAH SWT. amiin ya robbal alamiin.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan