Karangan Kitab dan Dzikir Karya Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad

Fiqih Islam - Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad adalah seorang ulama besar dan waliyullah yang ketinggian ilmunya diakui seluruh ulama dunia. Habib Abdullah Alhaddad lahir di Tarim, Hadramaut, Yaman, pada 30 Juli 1634 dan meninggal di tempat itu pula pada 10 September 1720 pada umur 86 tahun. ia adalah ulama yang produktif dan berhasil mengeluarkan banyak sekali karya karya besar yang bermanfaat bagi ummat islam.

Karya dan karangan Imam Haddad mencakup berbagai bidang ilmu. hingga sekarang semua karangan Imam Haddad selalu digunakan dan menjadi rujukan banyak para ulama dan umat islam dalam memahami agama islam secara detail. kata bahasa yang jelas, detail dan mudah dipahami selalu menjadi ciri khas disetiap tulisan dan karya karya Habib Abdullah Alhaddad. penjelasan di setiap kitab karanagnnya sangat detail dan merinci sehingga segala permasalahan agama bisa ditemukan jawabannya pada karya karya beliau. kembali lagi bahwa semua karangan beliau tetap bersumber kepada Al-Quran dan Hadist serta jalan dan jejak salafusholeh.

Kitab karya beliau membahas mengenai hukum hukum fiqih, nasehat dan wasiat, petunjuk menjalani hidup sesuai syariat islam, dan banyak sekali kata kata mutiara hikmah serta tuntunan beragama yang benar sesuai yang diajarkan oleh ALLAH SWT dan Rasulnya. dakwahnya yang padat tidak mengurangi waktunya untuk membagikan ilmu untuk ummat setelahnya dengan mengarang sebuah kitab sehingga kita yang ada dizaman sekarang ini masih bisa mengambil manfaat atas tingginya ilmu beliau. dengan berpegang pada karangan dan nasihat Imam Haddad, insyaallah kita akan selalu berjalan pada jalan yang benar dan diridhoi oleh ALLAH SWT.

Baca juga : Doa Masuk dan Keluar Masjid

Selain itu, beliau juga mengarang banyak sekali doa doa, sholawat dan qosidah serta wirid dan dzikir yang kesemuanya juga bersumber dari Al-Quran dan Hadist Nabi SAW. hingga kini umat islam diseluruh dunia banyak yang memaca dan mengamalkan wirid dan dzikir karya Habib Abdullah bin Alwi Alhaddad, beberapa karya fenomenalnya adalah Ratib Al-Haddad dan Wirdul Latif yang menjadi bacaan wajib umat islam khususnya ahlussunnah wal jamaah. tak terbayang sudah bagaimana jasa jasa beliau atas agama ini. semoga ALLAH melimpahkan rahmatnya kepada beliau.

Kitab kitab beliau juga bisa dengan mudah kita jumpai di toko toko buku islami atau bisa juga dengan mendownloadnya di interet karena sudah banyak yang menyediakan versi pdfnya. Langsung saja berikut ini sedikit dari sekian banyak karangan dan karya Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad . . .

Karangan Kitab dan Dzikir Karya Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad

Karangan Kitab dan Dzikir Karya Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad :

1. An-Nasha`ih ad-Diniyyah wa al-Washaya al-Imaniyyah

2. Ad-Da'wah at-Tammah wa at-Tadzkirah al-'Ammah

3. Risalah al-Mu'awanah wa al-Muzhaharah wa al-Mu`azarah li ar-Raghibina min al-Mu`minin fi Suluki Thariqi al-Akhirah

4. Risalah al-Mudzakarah ma`ah al-Ikhwan al-Muhibbin min Ahli al-Khairi wa ad-Din

5. Risalah Adab Suluki al-Murid

6. Itfah as-Sa`il bijawabi al-Masa`il

7. Sabil al-Adzkar bima Yamur bi al-Insan wa Yunqadhi lahu min `umrihi

8. Al-Fushul al-'Amaliyyah wa al-Ushul al-Hukmiyyah

9. An-Nafais al-Alawiyyah fi al-Masa`il ash-Shufiyyah

10. Kitab al-Hikam

11. Ad-Dur al-Manzhum lidzawi al-'Uqul wa al-Fuhum, kumpulan syair

12. Diwan al-Imam al-Haddad (Kumpulan Syair Abdullah bin Alwi al-Haddad)‎

13. Wasilatu al-'Ibad ila Zadi al-Ma'ad, kumpulan wirid dan dzikir

15. Ratib Al-Haddad


16. Wirdul Latif

17. Hizib Nashr Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad


Sekian mengenai karya dan karangan Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad. ke 17 daftar diatas hanya beberapa saja karya beliau yang cukup populer dan dikenal, adapun hasil karangan beliau sebenarnya sangat banyak sekali mencakup doa doa dan wirid serta amalan sehari hari. mungkin tanpa sadar doa/wirid yang kita baca dan sering kita dengar setiap harinya adalah doa karya beliau, seperti doa setelah membaca surat yasin misalnya yang umum dibaca saat yasinan atau tahlilan sebenarnya adalah karya Habib Abdullah Al-Haddad. semoga membawa manfaat bagi kita semua. amiin.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan