Daftar Kitab Maulid Nabi SAW Yang Populer di Nusantara

Ilmu Fiqih Islam - Salah satu Ibadah yang manfaat dan faedahnya tidak terhitung adalah dengan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. bahkan sekali sholawat kita dibalas sepuluh kali oleh ALLAH SWT. shalawat dari ALLAH SWT adalah rahmat yang berarti hanya dengan bersholawat sekali saja kepada Nabi Muhammad SAW, ALLAH melimpahkan sepuluh rahmatnya. rahmat ALLAH SWT adalah segalanya, kunci kebahagiaan kita di dunia dan akhirat. bahkan ALLAH SWT pun bersholawat kepada Rasulullah SAW.

Salah satu cara dalam bershalawat adalah dengan membaca kitab kita maulid dimana didalamnya terdapat syair syair qasidah dan pujian agung kepada Rasulullah SAW, sholawat kepada beliau, serta doa dan munajat kepada ALLAH SWT. maulid sendiri banyak sekali jenis dan macamnya, namun beberapa diantaranya sangat mashyur dan telah dikenal di seluruh dunia termasuk di nusantara.

Kita sendiri hidup di indonesia dimana telah banyak majelis majelis digelar secara umum yang biasanya diisi dengan pembacaan maulid dan ceramah agama. syair dan lirik maulid sendiri biasa juga dibaca diberbagai kesempatan acara seperti saat mengadakan selamatan/hajatan, pengajian, sunatan, perkawinan, dan acara acara keagamaan lainnya.

Baca Juga : Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al-Jufri

Nah, pada artikel kali ini muslim fiqih akan memberikan info tentang kumpulan daftar kitab maulid paling populer di indonesia lengkap dengan sejarah dan penjelasan singkatnya . . .

Daftar Kitab Maulid Nabi SAW Yang Populer di Nusantara

Daftar Kitab Maulid Nabi SAW Yang Populer di Nusantara :

1. Maulid Diba'


Maulid Diba'atau Ad Diba'i dikarang oleh Al Imam Abdurrahman bin Muhammad bin Umar bin Ali bin Yusuf bin Ahmad bin Umar ad-Diba’ia dan menjadi maulid paling populer dan paling dikenal di tanah air. sudah puluhan tahun maulid diba ini dibaca di setiap acara acara peringatan maulid Nabi dan acara acara lainnya di nusantara. maka tak heran jika masyarakat sudah tak asing lagi dengan bacaan maulid diba ini karena memang maulid ini lebih dulu dikenal di tanah air sebelum masuknya maulid simtudduror yang kini juga mulai sering dibaca.

2. Maulid Simtudduror


Selanjutnya ada maulid simtudduror atau biasa dikenal dengan sebutan maulid habsyi yang mengacu pada nama pengarangnya yaitu Al Imam Al Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi. maulid ini pertama diperkenalkan ke tanah air oleh Habib Ali Kwitang Jakarta. kini maulid ini mulai sering dibaca dan sudah mulai banyak dikenal masyarakat layaknya maulid diba'.

3. Maulid Burdah


Selanjutnya ada maulid burdah karya Abu Abdillah Muhammad bin Said al-Bushiri. maulid ini berisi qosidah dan syair syair indah yang ditujukan kepada Rasulullah SAW. maulud burdah biasanya dibaca bersama sama atau dibaca bergantian oleh yang hadir. maulid ini cukup tua dan sudah banyak dikenal oleh masyarakat nusantara.

4. Maulid Adh-Dhiyaul Lami'


Maulid Dhiyaul Lami' ini adalah karangan ulama besar masa kini Al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim Bin Hafidz bin Syech Abu Bakar bin Salim. maulid ini diperkenalkan di tanah air oleh murid murid Al Habib Umar bin Hafidz yang berasal dari indonesia. meski kitab maulid dhiyaul lami termasuk baru, namun penyebarannya cukup cepat dan sudah mulai banyak dibaca di nusantara.

5. Maulid Barzanji


Maulid Barzanji adalah hasil karya Syaikh Ja’far bin Husin bin Abdul Karim bin Muhammad Al Barzanji. nama barzanji sendiri diambil dari nama yang penulisnya. maulid ini telah umum dan sudah populer di kalangan warna indonesia dan telah dibaca sejak dulu.

Sekian mengenai 5 jenis dan macam macam kitab maulid yang paling sering dibaca di indonesia. semoga bermanfaat dan kita senantiasa dimudahkan dalam menghadiri majelis majelis sholawat. amiin.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan