Profil Biografi Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al-Jufri

Fiqih Islam - Kali ini kita akan mengulas sedikit mengenai profil dan biografi ulama besar masa kini yang aktifitas dakwahnya sudah malang melintang di tingkat internasional. beliau adalah Al-Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al-Jufri atau biasa dikenal dengan sapaan Habib Ali Al-jufri.

Beliau Habib Ali Al-Jufri lahir di kota jeddah, Arab Saudi pada hari Jumaat, 16 April 1971 bertepatan 20 Safar 1391 H. meski kelahiran arab saudi, namun kini ia berkebangsaan dan tinggal di Yaman. Habib Ali bin Abdurrahman al-Jufri menjadi sosok ulama dan da'i muda yang nama dan kiprahnya dikenal luas di berbagai negeri muslim, bahkan juga di dunia Barat. ketinggian ilmunya dipadu dengan penyampaiannya yang khas serta budi dan akhlaknya yang luhur membuatnya dicintai semua kalangan dan sangat cocok untuk menjadi cerminan sosok ulama yang sebenarnya.

Baca juga : Hal Hal Yang Membatalkan Puasa

Profil Biografi Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al-Jufri

Nasab Habib Ali Aljufri


Nasab beliau bersambung langsung kepada Rasulullah SAW, belia adalah Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman bin Ali bin Muhammad bin Alawi bin Ali bin Alawi bin Ali bin Ahmad bin Alawi bin Abdurrahman Maulah Al-Arsha bin Muhammad bin Abdullah al-Tarisi bin Alawi al-Khawas bin Abu Bakar Al-Jufri putra Muhammad putera Ali putera Muhammad putera Ahmad al-Faqih al-Muqaddam Muhammad bin Ali bin Sahab Mirbat Muhammad bin Ali Khalil Alawi Qassam anak putera Muhammad putera Alwi putera Ubaidullah Ahmad al-Muhajir ila Allah Isa putera Muhammad al-Naqib bin Ali al -Uraidhi bin Jaafar as-Sidiq bin Muhammad al-Baqir bin Ali Zain al-Abidin putera dari Hussein (cucu Rasulullah saw) anak dari Ali bin Abu Thalib, suami dari Fatimah al-Zahra puteri Rasulullah saw.

Guru Guru Habib Ali Aljufri


Habib Ali Aljufri adalah seorang ulama muda yang haus akan ilmu dan senantiasa selalu belajar dimanapun dan kapanpun, tak heran jika dia memiliki banyak sekali guru guru mulia yang membantunya dalam mempelajari ilmu agama, beberapa guru guru utamanya adalah . . .

- Habib Abdul Qadir bin Ahmad Al-Saqqaf, Jeddah

- Habib Ahmad Masyhur bin Thaha Al-Haddad

- Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, Makkah

- Habib Attas Al-Habsyi

- Habib Abu Bakar Al-Masyhur Al-Adani

- Habib Muhammad bin Abdullah Al-Hadar

- Habib Umar bin Hafidz

Selain kepada mereka, ia pun menimba ilmu kepada para tokoh ulama lainnya, seperti Syaikh Umar bin Husain Al-Khathib, Syaikh Sayyid Mutawalli Asy-Sya`rawi, Syaikh Ismail bin Shadiq Al-Adawi di Al-Jami` Al-Husaini dan di Al-Azhar Asy-Syarif, Mesir, juga Syaikh Muhammad Zakiyuddin Ibrahim. Di samping itu, Habib Ali juga mengambil ijazah dari 300-an orang syaikh dalam berbagai cabang ilmu

Aktifitas Dakwah Habib Ali Aljufri


Habib Ali Al-Jufri telah lama mengemban tanggung jawab dalam berdakwah dan dimulai sejak tahun 90-an. ia berdakwah kesegala penjuru dunia dan hampir selalu berkeliling dunia ke berbagai negara untuk menyampaikan risalah islam. watak dan perawakannya yang menyejukkan membuatnya diterima di semua lapisan masyarakat bahkan di negara negara barat sekalipun. ia adalah contoh ulama yang berdakwah dengan kelembutan dan memandang orang lain dengan mata kasih dan rahmat sehingga kehadirannya diterima siapapun juga.

Tidak ada cacian dan hujatan yang keluar dari lidahnya, hanya nasehat dan risalah agama lah yang ia sebarkan, semuanya disampaikan dengan kasih sayang sehinga sudah tak terhitung lagi berapa orang yang masuk islam di tangannya. habib Ali Jufri adalah cerminan ulama yang berdakwah dengan cara sesuai ajaran Rasulullah SAW, ia masuk ke semua kalangan dari kalangan bawah hingga kalangan atas dan diterima dengan baik berkat akhlak mulianya.

Dakwahnya di banyak negara selalu diterima dan kehadirannya dinantikan kembali, berbagai acaranya di negara negara barat sukses dan dihadiri banyak umat islam di negara tersebut, contoh nyata adalah saat berada di Inggris ia terlibat pelaksanaan Maulid Nabi di stadion Wembley. pengaruhnya di dunia internasional pun diakui, hampir di setiap seminar seminar ulama tingkat internasional, beliau selalu aktif dan urun rembuk pemikiran. beliau juga mempelopori berdirinya organisasi dai sedunia yang berfungsi untuk meluruskan shaf seluruh ulama dalam satu pemikiran yang bulat dan tidak terpecah pecah.

Nah, beberapa negara yang pernah beliau singgahi untuk berdakwah seperti pada daftar dibawah ini.

- Arab: UAE, Jordan, Bahrain, Arab Saudi, Sudan, Suriah, Oman, Qatar, Kuwait, Lubnan, Libya, Mesir, Maroko, Mauritania, Kepulauan Komoro dan Djibouti.

- Asia: Indonesia, Malaysia, Singapura, India, Bangladesh dan Sri Lanka.

- Afrika: Kenya dan Tanzania.

- Eropa: Britania Raya, Jerman, Perancis, Belgia, Belanda, Irlandia, Denmark, Bosnia & Herzegovina dan Turki.

- Amerika: 3 perjalanan yang pertama adalah pada tahun 1419 H/1998, yang kedua adalah pada 1422 H/2001 dan yang ketiga yang pada 2002/1423, di samping juga mengunjungi Kanada.

Sekian mengenai profil dan biografi singkat Habib Ali bin Abdurrahman Al-Jufri. semoga kita semua bisa meneladani ahklak beliau agar sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. untuk lebih lengkapnya mengenai sosok habib Ali Aljufri, anda bisa langsung menuju website resmi beliau di alamat http://www.alhabibali.com/en/.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan