14+ Sunnah-Sunnah Puasa Ramadhan yang Dianjurkan

Sunnah-sunnah puasa Ramadhan - Dalam menjalankan ibadah puasa, sudah sewajarnya kita sebagai umat Islam mempelajari hal hal yang berkaitan dengan puasa itu sendiri. Hal ini dimaksudkan agar ibadah puasa kita menjadi lebih sempurna dan diterima oleh Allah SWT. Salah satu hal penting yang harus kita ketahui adalah sunnah-sunnah berpuasa di bulan ramadhan.

Dengan mengamalkan sunnah-sunnah Nabi SAW di bulan Ramadhan, maka puasa kita semakin maksimal dan pahala yang didapat pun semakin besar. Tentu sebagai muslim kita menginginkan agar puasa kita menjadi lebih sempurna dan mendapat pahala yang lebih dari Allah SWT, terutama saat bulan Ramadhan.

Jadi selain mengerjakan hal-hal yang bersifat wajib saat bulan Ramadhan, maka ada baiknya ditunjang dengan amalan sunnah sebanyak yang kita mampu karena bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh karunia. Amalan sunnah kita dinilai wajib saat di bulan suci ramadhan. Inilah yang menjadi dasar pentingnya kita mengetahui hal-hal yang disunnahkan di bulan Ramadhan.

Banyak sekali sunnah-sunnah puasa ramadhan yang bisa kita kerjakan, semuanya terhitung mudah dan tidak susah dikerjakan sehingga sudah seharusnya kita memotivasi diri sendiri untuk mengerjakannya. Berikut ini akan dibagikan hal-hal yang disunnahkan saat sedang berpuasa di bulan Ramadhan sesuai tuntunan Rasulullah SAW.

(baca juga hadits tentang puasa)

Sunnah Sunnah Puasa Ramadhan

Sunnah-Sunnah Puasa Ramadhan


1. Menyegerakan berbuka

Sunnah puasa yang pertama adalah agar kita menyegerakan berbuka puasa. Artinya kita disunnahkan untuk segera berbuka ketika sudah masuk waktu magrib, tanpa menunda-nunda lagi untuk berbuka lebih lama.

2. Sahur

Sahur juga termasuk salah satu sunnah puasa Ramadhan. Sahur adalah kegiatan makan dan minum pada waktu dini hari sebelum imsyak agar kita lebih kuat saat berpuasa. Disunnahkan kita untuk sahur, sekalipun dengan seteguk air, karena di dalam sahur terdapat keberkahan.

3. Mengakhirkan sahur

Sahur disunnahkan dikerjakan di waktu akhir yakni dimulai dari tengah malam hingga sebelum waktu imsyak. Mengakhirkan sahur ini jadi salah satu sunnah puasa yang kita kerjakan.

4. Berbuka dengan kurma

Disunnahan untuk berbuka dengan kurma dengan bilangan ganjil. Jika tidak ada kurma maka air zam zam dan jika tidak ada juga cukup dengan air putih. Jika tidak ada, bisa dengan apa saja yang berasa manis alami, contohnya seperti madu contohnya. Jika tetap tidak ada, bisa berbuka dengan makanan atau minuman yang telah diberi pemanis.

5. Membaca doa berbuka puasa

Saat puasa juga disunnahkan untuk membaca doa berbuka puasa di bulan Ramadhan. Lafadz bacaan doa berbuka puasa adalah sebagai berikut.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

6. Memberi makanan berbuka kepada orang yang berpuasa

Sangat dianjurkan bagi kita untuk memberi makanan berbuka pada orang yang berpuasa. Dengan memberi makanan berbuka kepada orang yang sedang berpuasa, maka kita akan mendapakan pahala yang besar termasuk pahala orang yang berpuasa tersebut.

7. Mandi janabat

Sunnah puasa di bulan Ramadhan berikutnya adalah melakukan mandi janabat sebelum terbitnya fajar bagi orang yang junub di malam hari

8. Mandi setiap malam di bulan ramadhan

Saat bulan Ramadhan, kita juga disunnahkan untuk melakukan mandi pada tiap malamnya. Anjuran ini berlaku selama satu bulan penuh pada bulan Ramadhan saat malam hari.

9. Shalat tarawih dan shalat witir

Saat bulan Ramadhan, kita juga disunnahkan untuk menekuni shalat tarawih dan shalat witir saat setelah shalat isya. Tentu kita harus berusaha untuk mendirikan shalat tarawih karena hanya disunnahkan sebulan dalam setahun.

10. Memperbanyak bacaan Al-Quran

Disunnahkan juga untuk memperbanyak bacaan Al-Quran dengan berusaha memahami artinya. Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Quran, juga sangat dianjurkan memperbanyak bacaan Al-Quran di bulan Ramadhan sebagai amalan utama.

11. Memperbanyak amalan sunnah dan amal shalih

Dianjurkan pula untuk selalu melakukan sunnah-sunnah lain di luar sunnah berpuasa pada umumnya. Hal ini karena segala amalam dan pahala amal kebaikan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

12. Memperbaiki akhlak dan bersikap baik

Kita juga disunnahkan untuk meninggalkan caci maki serta memperbaiki akhlak kita kepada sesama dengan meninggalkan cacian dan makian serta senantiasa berbuat baik. Perbuatan ini hendaknya dilakukan kapan saja juga.

13. Berusaha makan dari yang halal

Sunnah di bulan Ramadhan berikutnya adalah senantiasa berusaha makan dari makanan yang halal agar diberi keberkahan.

14. Bersungguh-sungguh dalam beribadah di 10 hari terakhir bulan Ramadhan

Sunnah Ramadhan yang terakhir adalah bersungguh-sungguh dalam ibadah pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, karena biasanya malam lailatul qadar berada pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Dengan selalu bersungguh-sungguh di sisa 10 malam Ramadhan, diharapkan kita memperoleh malam lailatul qadar.

Nah itulah daftar 14 sunnah-sunnah puasa Ramadhan beserta penjelasannya sesuai syariat Islam. Sekian tentang amalan sunnah saat berpuasa yang semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda semua. Dengan menjalankan sunnah, maka kita telah mematuhi perintah Allah SWT sekaligus mencontoh Nabi Muhammad SAW. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "14+ Sunnah-Sunnah Puasa Ramadhan yang Dianjurkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel