Hal Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Hal Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan - Puasa adalah salah satu ibadah umat islam dan termasuk dalam rukun islam ke 4. terdapat dua macam puasa yaitu puasa sunnah dan puasa wajib, kita umat islam menjalankan puasa wajib sebulan penuh pada bulan ramadhan dan berdosa jika kita meninggalkannya tanpa sebab dan alasan yang sesuai syariat. anjuran untuk melaksanakan ibadah puasa ini telah difirmankan oleh ALLAH SWT dalam Al-Quran sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan saat berpuasa di bulan ramadhan karena bulan ramadhan adalah bulannya umat Nabi Muhammad SAW yang penuh berkah dan segala amalan akan dilipat gandakan pahaanya. dan salah satu hal yang harus kita persiapkan dalam menyambut bulan ramadhan adalah mengetahui ilmu fiqih tentang bab puasa agar ibadah puasa yang kita jalankan sempurna dan diterima oleh ALLAH SWT.

Baca juga : Sunnah Sunnah Puasa Ramadhan

Banyak sekali bab fiqih yang harus kita fahami dan pelajari, seperti syarat puasa, sunnah puasa serta yang akan kita bahas kali ini yaitu hal hal yang membatalkan puasa ramadhan. ada beberapa tindakan dan perbuatan yang jika kita melakukannya saat sedang menjalankan puasa, maka puasa kita menjadi batal. nah kira kira hal hal apa saja yang membuat batal puasa kita? simak daftar lengkapnya dibawah ini . . .

Hal Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan


Hal Yang Membatalkan Puasa


1. Masuknya sesuatu ke dalam rongga terbuka yang tembus ke bagian dalam tubuh seperti mulut, hidung, telinga, dan lain lain jika ada unsur kesengajaan, mengetahui keharamannya dan atas kehendak sendiri. namun jika dalam keadaan lupa, tidak mengetahui keharamannya karena bodoh yang ditolerir atau dipaksa, maka puasanya tetap sah.

2. Mutad, sekalipun masuk islam seketika setelahnya.

3. Haid, nifas dan melahirkan sekalipun sebentar.

4. Gila meskipun sebentar.

5. Pingsan dan mabuk sehari penuh. jika masih ada kesadaran sekalipun sebentar, maka puasanya tetap syah.

6. Bersetubuh dengan sengaja dan mengetahui keharamannya.

7. Mengeluarkan mani dengan sengaja, seperti dengan tangan atau dengan menyentuh istrinya tanpa penghalang.

8. Muntah dengan sengaja.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai hal hal yang membatalkan puasa ramadhan. pelajari dengan seksama dan akarkan kepada keluarga dan anak anak anda apa saja yang bisa membuat puasa kita batal dan tidak diterima oleh ALLAH SWT. wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan