Bacaan Doa Hari Asyura (10 Muharram)

Hari Asyura adalah hari ke 10 dalam bulan muharram sesuai kalender islam. bulan muharrom sendiri memiliki banyak sekali keistimewaan dalam pandangan islam. maka dari itu kita sangat dianjurkan untuk menambah amal ibadah kita terutama pada tanggal 10 bulan muharam atau yang umum disebut sebagai hari asyuro.

Pada hari tersebut kita disunnahkan memperbanyak sahadaqoh, berpuasa, menyayangi anak yatim lebih dari hari biasanya serta banyak lagi sunnah sunnah lainnya yang cukup mudah dilakukan namun mendatangkan manfaat yang sangat besar. dan salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah membaca doa asyura. sebelum membaca doa ashuro kita terlebih dahulu membaca lafadz dzikir dan wirid yang cukup pendek sebanyak 70 kali, lalu dilanjutkan dengan membaca do'a Ashura sebanyak 7 kali.

Dengan membaca doa asyuro kita akan mendapatkan banyak sekali fadhilah dan keutamaan salah satu diantaranya adalah ALLAH SWT akan memelihara kita dari keburukan sepanjang tahun tersebut. dan untuk lebih jelasnya, berikut ini teks bacaan Doa Asyura dalam versi tulisan arab dan latin lengkap beserta arti/terjemahan bahasa indonesianya . . .

doa asyura

Bacaan Dzikir dan Doa Hari Asyura Arab Latin dan Artinya


Doa Asyuro Versi Arab


حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ الْنَّصِيْرُ ×70

سُبْحَانَ الله مِلْءَ الْمِيْزَانِ وَمُنْتَهَى الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَى وَزِنَةَ الْعَرْشِ لاَ مَلْجَـأَ وَلاَ مَنْجَا مِنَ اللهِ إِلاَّ إِلَيْهِ. سُبْحَانَ اللهِ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوَتْرِ وَعَدَدَ كَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ كُلِّهَا، أَسْأَلُكَ السَّلاَمَةَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، وَهُوَ حَسْبِي وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ. وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا وَنَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ ×7

Doa Asyura Tulisan Latin


Hasbunallahu wani’mal wakiilu ni’mal maulaa wani’man nashiiru Subhanallahi mil-al miizaani wa muntahal ‘ilmi wa mablaghar ridhaa wazinatal ‘arsyi Laa malja-a walaa manja-a minallahi illa ilaihi subhaanallahi ‘adadasy syaf’ir wal witri Wa ‘adada kalimaatillahittaammaati kulliha nas-alukas salaamata birahmatika yaa arhamar raahimina Walaa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhiimi Wa huwa hasbuna wa ni’mal wakiilu ni’mal maulaa wa ni’man nashiiru Wa shallalahu ta‘ala alaa sayyidina wanabiyyina muhammadin wa ‘alaa aalihi washahbihii aj'main.
 

Terjemahan Doa Asyura


Cukuplah Allah menjadi sandaran kami, dan Dia sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik kekasih, dan sebaik-baik Penolong. Maha Suci Allah sepenuh timbangan, sesempurna ilmu, sepenuh keridhaan dan timbangan ‘arsy. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari Allah, kecuali hanya kepada-Nya. Maha Suci Allah sebanyak bilangan genap dan ganjil, dan sebanyak kalimat Allah yang sempurna, kami memohon keselamatan dengan rahmat-Mu wahai Dzat Yang Paling Penyayang diantara semua yang penyayang. Dan tiada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan Dialah yang mencukupi kami, sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik kekasih, dan sebaik-baik Penolong. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad, teriring keluarga dan sahabat beliau.

Sekian mengenai bacaan doa Asyura kali ini. semoga kita istiqomah dalam mengikuti jejak para salafunassoleh terdahulu, dimana membaca doa ini sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya yaitu pada tanggal 10 muharram. wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan