Doa Memohon Kesabaran Agar Tabah Menghadapi Cobaan Hidup

Sabar adalah sifat yang mulia dan utama dalam islam. Dalam berbagai kesempatan kita haruslah bersabar karena memang kita sebagai manusia akan diberikan ujian dan cobaan oleh ALLAH SWT. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk melatih dan menguatkan kesabaran kita. Caranya adalah berdoa mohon diberi kesabaran kepada ALLAH SWT. Insyaaallah kita akan mampu melewati berbagai cobaan hidup yang datang menerpa.

Selain berdo'a, jangan lupa untuk melakukan berbagai ibadah wajib dan tambah juga dengan ibadah sunnah lainnya. Perbanyak dzikir karena dengannya hati dan pikiran akan tenang. Jika semua hal tersebut dilakukan maka hati kita akan ikhlas dan lapang menerima cobaan dalam bentuk apapun. ALLAH SWT menyatakan bahwa manusia tidak akan diuji dengan sesuatu yang melebihi batas kemampuannya. Jadi sebenarnya kita mampu, hanya kemauan dan cara yang tepat yang akan menentukan.

doa kesabaran
 
Dan berdoa memohon agar kita selalu diberikan kesabaran adalah cara yang tepat, karena hanya ALLAH SWT lah yang bisa membantu dan menolong kita. Untuk itu berikut dibawah ini teks bacaan doa memohon kesabaran kuat dan tabah menghadapi cobaan dalam kehidupan.

Doa Kesabaran dan Ketabahan Saat Menghadapi Cobaan


Doa Pertama

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

‘Robbanaa Afrigh ‘Alainaa Shobron wa Tsabbit Aqdaamanaa wanshurnaa ‘Alal Qoumil Kaafiriin’.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, dan teguhkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.” (QS. Al Baqarah: 250).

Doa Kedua

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

‘Robbanaa Laa Tuzigh Quluubanaa Ba’da Idz Hadaitanaa wa Hab Lanaa Min-Ladunka Rohmatan, innaka Antal-Wahhaab’

Artinya: “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Dzat yang Maha Pemberi (karunia).” (QS. Ali Imran: 8).

Doa Ketiga

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

‘Allaahumma Mushorrifal Quluub, Shorrif Quluubanaa ‘Alaa Tho’atika’

Artinya: “Ya Allah, Dzat yang mengarahkan hati, arahkanlah hati-hati kami untuk selalu taat kepada-Mu.” (HR. Muslim).

Sekian mengenai bacaan doa agar sabar menjalani cobaan hidup. Bersabarlah karena dengan bersabar maka kebaikan akan mendatangi dan pahala pun kita dapatkan. Baca hadits tentang sabar untuk mengetahui keutamaan sifat sabar. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan