Doa Menempati Rumah Baru Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas tentang bacaan doa menempati rumah baru. Doa ini bisa diamalkan saat anda memasuki rumah baru. Kami sediakan dalam lafadz bahasa arab, latin dan terjemahan Indonesianya agar bisa dipahami makna yang terkandung didalamnya.

Sebagai seorang muslim, maka ketika kita akan pindah rumah menuju hunian baru.  Jangan lupakan untuk berdoa memohon kepada ALLAH SWT agar diberi keberkahan, keselamatan dan ketenangan saat menempati rumah baru tersebut. Meski tidak ada doa yang dikhususkan dibaca saat masuk rumah baru, namun ada beberapa doa yang bisa dibaca dan diamalkan.

Yang pertama yang harus kita lakukan sebelum berdoa tentu saja bersyukur kepada ALLAH SWT atas segala nikmat yang ia berikan kepada kita berupa rumah baru. Dengan rumah baru tersebut bisa menjadi sarana kita untuk beribadah dan berdzikir dengan lebh tenang lagi. Niatkan yang baik agar rumah tersebut manfaat untuk hal hal yang baik juga. Selanjutnya adalah dengan membaca doa.

doa menempati rumah baru

Sebenarnya anda bisa berdoa dengan doa apapun sesuai kehendak anda asalkan doa tersebut baik.  Bisa dengan membaca ayat ayat Al Quran seperti surat Al-Ikhlas 3 kali sebelum memasuki rumah. Namun dibawah ini kami berikan beberapa contoh doanya yang bisa anda baca. Langsung saja simak berikut ini teks bacaan doa menempati rumah baru lengkap bahasa arab, latin dan artinya.

Doa Masuk dan Menempati Rumah Baru


Doa ke 1

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

"A'udzu Bikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq.."

Artinya : "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya."

Insyaallah dengan membaca doa diatas maka kita akan terlindung dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Seperti yang diriwayatkan Imam Muslim, dari Khaulah binti Hakim Radhiyallahu 'Anhuma , ia berkata: AKu mendengar Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ نَزَلَ مَنْزِلًا ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ

"Siapa yang singgah di suatu tempat, lalu ia membaca: A'udzuBikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya ) maka tak ada sesuatupun yang membahayakannya sehingga ia beranjak dari tempatnya tersebut."(HR. Muslim )

Doa ke 2

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan, dengan menyebut Nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Rabb kami, kami bertawakkal." (HR. Abu Dawud - al-Thabrani)

Doa ke 3

Selanjutnya bisa dengan membaca basmalah (Bismillah) saat memasukinya, Kita tahu bahwa melakukan apapun dalam islam dianjurkan untuk dimulai dengan membaca bismillahirrahmanirrahim, dengan begitu maka semua yang akan kita kerjakan dan lakukan menjadi keberkahan. Hal ini juga berlaku saat akan masuk rumah baru, jangan lupakan membaca doa minimal dengan mengucap bismillah. Dalam sebuah hadits dikatakan sebagai berikut :

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَإِذَا لَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

"Dari Jabir bin Abdullah bahwa dia mendengar Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,“Apabila seseorang hendak masuk rumahnya kemudian dia berzikir kepada Allah ketika masuk dan ketika akan menyantap makanan maka syaitan akan mengatakan -kepada pengikutnya-, ‘Kalian tidak bisa tidur di sini dan tidak pula mendapatkan bagian makanan’. Kemudian apabila dia memasuki rumahnya namun tidak berzikir kepada Allah ketika masuknya maka syaitan akan berkata, ‘Kalian bisa menginap malam ini’. Dan apabila dia tidak berzikir kepada Allah ketika menyantap makanan maka syaitan akan mengatakan, ‘Kalian bisa menginap dan makan di sini.. ”(HR. Muslim)

Doa dan amalan lainnya : 

Dianjurkan untuk banyak membaca Al-Quran terutama surat Al Baqarah agar rumah kita terlindung dari gangguan jin dan seyitan. Dikatakan dalam sebuah hadist :

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

"Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya syetan lari dari rumah yang dibacakan surat al-Baqarah di dalamnya.." (HR Muslim)

Lalu biasakan dengan rutin membaca ratib al haddad setiap habis maghrib atau isyak. Didalamnya terdapat berbagai macam dzikir dan wirid yang penuh dengan manfaat agar rumah kita terlindung dari berbagai gangguan jin dan manusia.

Itulah sedikit amalan dan doa menempati rumah baru dalam bahasa arab, latin dan artinya. Semua bacaan doa diatas bisa dibaca saat pindah rumah dan akan memasuki kediaman baru anda. Dengan begitu ALLAH SWT akan memberkahi rumah kita. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan