Mukjizat Nabi Daud As

Nabi Daud AS adalah satu dari sekian banyak nabi dan rasul utusan ALLAH SWT. Pada masa mudanya ia sudah berhasil mengalahkan jalut yang saat itu banyak ditakuti. Nabi Dawud Alaihissalam juga memiliki mukjizat yang dikaruniakan oleh ALLAH SWT untuk mempermudah jalan dakwahnya.

Dari banyak mujizat Nabi Daud As, salah satu yang terbesar tentulah kitab zabur. Namun selain kitab zabur, ada beberapa kelebihan dan keistimewaan lain yang diberikan oleh ALLAH SWT kepada Nabi Daud. Selengkapnya simak dibawah ini daftar mukjizat Nabi Daud As :

mukjizat nabi daud

Mukjizat Nabi Daud


1. Nabi Daud bisa memahami maksud dan suara dari burung burung sehingga ia bisa berbicara dengannya.

2. Ketika Nabi Daud AS bertasbih, maka seketika itu juga gunung gunung dan burung burung megikuti lantunan tasbihnya dan ikut bertasbih pula. Dalam Al Quran surat saba ayat 10 dijelaskan mengenai mukjizat Nabi Daud yang satu ini, berikut ayatnya :

"Dan sesungguhnya telah Kami berikan ke pada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman), Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud, dan Kami telah melunakkan besi untuknya."

3. ALLAH SWT telah memberinya kekuatan untuk melentur dan melembutkan besi. Nabi Daud dapat membuat baju-baju dan lingkaran-lingkaran besi dengan tangan kosong tanpa melalui pemanasan dengan api sebagaimana kita lihat saat ini. Hal ini juga disebutkan dalam beberapa ayat dalam Al Quran :

''Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya).'' (QS An-Nahl: ayat 81).

”Dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu. Maka, hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah).” (Surat Al- Anbiyaa’ ayat 80)

“Buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya, dan kerjakanlah amalan yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan.” (Surat saba ayat 11)

3. Nabi Daud As memiliki keahlian bertutur kata sehingga membuat siapapun menjadi lunak hatinya. Nabi Daud juga memiliki suara yang indah dan sangat merdu didengar oleh siapapun.

4. Allah mengutus Nabi Daud as sebagai Nabi dan Rasul lengkap ketinggian ilmu, kesempurnaan amal perbuatan serta kebijaksanaan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan saat menjadi pemimpin pada masa pemerintahannya.

5. Nabi Daud memiliki kerajaan yang sangat kuat dan tak terkalahkan oleh siapapun musuhnya. Kemenangan demi kemenangan selalu dia perolh sehingga kerajaan yag ia pimpin tiada siapapun yang bisa menandinginya.

Itulah sekilas tentang mukjizat Nabi Daud As. Semoga ada manfaatnya dan kisah para Nabi dan Rasul tersebut bisa kita ambil sebagai pelajaran. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan