Mukjizat Nabi Sulaiman AS

Nabi Sulaiman AS adalah Nabi dan Rasul utusan ALLAH SWT yang dianugrahi banyak kelebihan dan keistimewaan oleh ALLAH SWT. Berbagai mukjizat Nabi Sulaiman AS tersebut tersebut dalam Al Quran surat Saba sebagai berikut :

"Dan Kami(tundukkan) angin bagi Sulaiman, yang perjalanannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanannya di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan (pula) dan Kami alirkan cairan tembaga baginya. Dan sebahagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya (di bawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya.Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala. (Saba' 34:12)

"Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib." (An-Naml 27:17)

Setelah melihat dalil dalil dari kedua ayat Al Quran diatas, maka kita akan mengetahui bahwa salah satu mukjizat yang diberikan oleh ALLAH SWT kepada Nabi Sulaiman Alaihissalam adalah bisa menundukkan angin, memerintah jin serta berinteraksi dengan binatang. Hal ini semua adalah semata mata sebagai bukti kenabian dan kerasulan serta untuk memudahkan jalan dakwah Nabi Sulaiman As.

mukjizat Nabi Sulaiman

Mukjizat Nabi Sulaiman


Mukjizat Nabi Sulaiman sendiri cukup banyak sebenarnya, daftar dibawah ini hanya beberapa diantaranya saja, So langsung saja untuk selengkapnya berikut ini beberapa daftar mukjizat Nabi Sulaiman As.

Jin tunduk kepadanya


Nabi Sulaiman mampu berinteraksi dengan jin. Ia bisa memerintah jin dalam membantu keperluannya contohnya saat membangun sebuah istana dan kerajaan.

Memiliki Kerajaan dan kekayaan yang tiada bandingannya


IstanaNabi Sulaiman sangat indah. Dibangun dengan gotong royong manusia, binatang, dan jin. Dindingnya terbuat dari batu pualam, tiang dan pintunya dari emas, dan tembaga, atapnya dari perak, hiasan dan ukirannya dari mutiara, Zamrud dan intan, berlian,pasir di taman ditaburi mutiara, lantai Istananya percampuran Mutiara dan Kaca yang murni kualitasnya.

Bisa berbicara dengan hewan


Nabi Sulaiman AS bisa berinteraksi dengan binatang. Ia bisa berbicara dan memahami bahasa hewan sehingga semua makhluk itu mengikuti kehendaknya. Diriwayatkan bahwa Burung-burung menaungi dengan Nabi Sulaiman dan tentaranya dengan sayap-sayapnya dalam satu kesempatan sehingga dia tidak terkena sinar matahari.

Mampu mengatur arah angin


Nabi Sulaiman As mampu mengatur dan memerintah angin sesuai kehendaknya, hal ini sebagaimana tercantum dalam Al-Quran berikut ini :

“Dan(telah Kami tundukkan) untuk Sulayman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami telah memberkatinya. Dan adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Al-Anbiyya 21:81)

Mukjizat Nabi Sulaiman Lainnya :


  • Memiliki ilmu dan kebijaksanaan yang tinggi.
  • Bisa mendengar suara yang pelan dan lirih dari kejauhan.
  • Mampu melihat hal yang ghaib.
  • Cairan tembaga yang selalu keluar dari perut bumi untuk dimanfaatkannya dalam berbagai keperluan.
  • Mampu berbicara dengan permadaninya yang merupakan benda mati.
Itulah sekilas megenai mukjizat Nabi Sulaiman As. Semua kelebihan dan keistimewaan tersebut datangnya hanya dari ALLAH SWT Tuhan semesta alam. Semoga bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan