Bacaan Niat Mandi Hari Jumat Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas tentang bacaan niat mandi hari jumat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz niat ini dibaca ketika kita mandi sunnah pada hari jumat. Waktu pelaksanaannya adalah mulai terbitnya fajar sodik (waktu sholat subuh) hingga akan keluar waktunya dengan salamnya imam dari sholat Jum’at, dan yang afdlol adalah melakukan mandi menjelang waktu keberangkatannya menuju kemasjid untuk melaksanakan shalat Jum'at.

Hukum mandi pada hari jumat adalah sunnah muakkad sehingga sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Banyak sekali dalil yang menerangkan anjuran mandi sunnah di hari jumat ini. Berikut salah satu hadits yang menerangkan tentang mandi sebelum sholat jumat :

إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ

Artinya : Jika salah seorang di antara kalian mendatangi shalat jumat maka hendaknya dia mandi.” (HR. Al-Bukhari no. 877 dan Muslim no. 844) .

Dan dibandingkan mandi mandi lainnya, maka niatnya jelaslah berbeda. Untuk hari jumat kita niatkan mandi pada hari jum'at. Dan selengkapnya simak berikut ini bacaan doa niat mandi ketika akan melaksanakan sholat jumat lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar kita paham makna dan kandungan niat yang kita baca.

niat mandi jumat

Niat Mandi Sunnah Pada Hari Jumat


 نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِلصَّلاَةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lishsholaati miy yaumil jumu'atisunnatal lillahi ta'aalaa

Artinya : Saya niat mandi untuk shalat pada hari jum'at (mandi jum'at) sunnah karena Allah Ta'ala.

Itulah lafadz niat mandi hari jumat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan yaitu dengan melakukan mandi sunnah pada hari jumat agar kita mendapatkan tambahan pahala dari ALLAH SWT. Dan jangan lupa niat mandi jum'at diatas ketika akan mandi sunnah. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan