Bacaan Niat Sholat Jumat Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas mengenai bacaan niat sholat jumat yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz niat sholat jumat ini dibaca tepat ketika kita akan mengerjakan shalat jum'at. Niat ketika kita menjadi makmum dan imam juga berbeda. Semuanya akan kita share di kesmpatan kali ini.

Shalat jum'at sendiri adalah shalat yang dilaksanakan pada hari jum'at sebagai pengganti shalat dzuhur secara berjamaan dengan minimal 40 jama'ah. Adapun hukum melaksanakan shalat jum'at merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki yang sudah baligh dan berakal. Sedangkan untuk muslim wanita tidaklah wajib.

Banyak sekali kesunnahan saat melaksanakan sholat jumat beberapa diantaranya adalah memakai wewangian, mandi terebi dahulu, memakai pakaian berwarna serba putih, datang lebih awal dan banyak lagi sunnah sunnah lainnya.

niat sholat jumat

Dan langsung saja untuk lebih jelasnya berikut ini bacaan niat sholat jum'at sebagai makmum dan imam lengkap teks arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar bisa dimengerti isi kandungan didalamnya. Lafadz niat sholat jum'at dibawah ini adalah versi lengkap dan panjangnya, boleh juga menggunakan niat dengan bacaan lafadz yang terpotong dan agak pendek.

Niat Sholat Jumat Sebagai Makmum


    اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta’aala.

Artinya : Saya niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta’ala.

Niat Sholat Jumat Sebagai Imam


    اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta’aala.

Artinya : Saya niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi imam, karena Allah ta’ala.

Itulah bacaan niat sholat jumat yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan bisa dihafalkan sehingga shalat jumat kita menjadi benar dan diterima oleh ALLAH SWT. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan