Cara Menjawab Adzan dan Iqomah yang Benar Lengkap Beserta Artinya

Kali ini akan dibahas tentang jawaban adzan dan iqomah serta bagaimana cara menjawab adzan dan iqomah yang benar sesuai sunnah. Seperti yang kita ketahui bahwa saat kita mendengar suara adzan dikumandangkan, maka sunnah hukumnya bagi kita untuk menjawabnya.

Cara menjawab adzan sendiri diucapkan setelah kita mendengar kalimat dan lafadz adzan yang diucapkan oleh muadzin. Sedangkan secara umum, jawaban adzan dan iqamat hampir semuanya sama persis dengan yang diucapkan muadzin, hanya ada beberapa kalimat saja yang jawabannya berbeda dengan yang diucapkan muadzin. Kalimat tersebut adalah Hayya alash shalah", "Hayya alal falah" dan "Ashsalatu khairum minan naum" pada adzan subuh.

jawaban adzan

Dan untuk lebih jelasnya simak berikut ini cara menjawab adzan dan iqomah yang benar dalam lafadz bahasa arab, tulisan latin dan terjemahan Indonesianya agar bisa dimengerti isi kandungan didalamnya.

Jawaban Adzan


Jawaban adzan pada hakikatnya sama persis dengan yang dikumandangkan oleh muadzin, hanya saja pada saat muadzin mengumandangkan kalimat "Hayya alash shalah" dan "Hayya alal falah" maka dijawab seperti berikut ini :

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُـوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

La haula wa la quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhim

Artinya : Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Jawaban adzan sholat subuh


Dalam adzan subuh jawabannya sama juga sepeti adzan lainnya. Hanya saja pada saat kita mendengar kalimat  "Ashsalatu khairum minan naum", maka dijawab sebagai berikut ini :

صدقت وبررت وانا على ذلك من الشّاهدين

Shadaqta wa bararta wa ana 'ala dzalika minasy syahidin

Artinya : Benarlah engkau dan baguslah ucapanmu dan saya termasuk orang-orang yang menyaksikan kebenaran itu.

Cara Menjawab Iqomah dan Doanya


Saat iqamah/komat dikumandangkan oleh muadzin, maka jawaban iqamahnya adalah sama persis dengan yang dikumandangkan oleh muadzin kecuali pada kalimat "Qad Qaamatish Shalaah" maka jawabannya adalah seperti berikut ini :

أقامها الله وادامها وجعلني من صالحى أهلها

“Aqaamahallahu wa adaamahaa waja’alani min shaalihi ahliha”

Artinya : Semoga Allah mendirikan shalat itu dengan kekalnya, dan semoga Allah menjadikan aku ini, dari golongan orang-orang yang sebaik-baiknya ahli shalat”

Dan setelah mendengar iqomah dikumandangkan, kita menjawabnya dengan membaca doa setelah iqamah. Lafadz doanya sebagai berikut :

الّلهمّ ربّ هذه الدّعوة التّامّة والصّلاة القائمة صلّ وسلّم على سيّدنا محمّد واته سؤله يوم القيامة

“Allaahumma rabba hadzihid da’watit taammati wash-shalaatil qaa-imati, shalli wasallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin, wa aatihi su’lahu yaumal qiyaamati”

Artinya : Ya allah Tuhan yang memiliki panggilan yang sempurna, dan memiliki shalat yang ditegakkan, curahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad, dan berilah/kabulkan segala permohonannya pada hari kiamat.

Itulah artikel tentang cara menjawab adzan dan iqamah yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan bisa istiqomah diamalkan ketika kita mendengar adzan dan iqomat dikumandangkan. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjawab Adzan dan Iqomah yang Benar Lengkap Beserta Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel