Doa Menjenguk Orang Sakit Menurut Sunnah dan Artinya

Kali ini akan membahas tentang bacaan doa menjenguk orang sakit sesuai sunnah lengkap tulisan bahasa arab, latin dan artinya. Doa ini dibaca saat kita menengok dan mengunjungi teman atau keluarga kita yang sedang sakit. Besar harapan dengan berdoa dan memohon kepada ALLAH SWT, maka mereka yang sakit diberi kesembuhan dan diangkat penyakitnya oleh ALLAH SWT.

Terkadang tanpa kita duga sanak saudara, teman, tetangga dan kerabat kita mendadak sakit dan harus diberi perawatan khusus bahkan hingga ke rumah sakit. Kita sebagai seorang muslim sangatlah dianjurkan untuk menjenguknya. Selain membawa buah buahan dan makanan, ada hal yang jauh lebih penting dari itu, yaitu mendoakan kesembuhan bagi yang sakit agar cepat sembuh dan sehat kembali.

Dengan membaca doa kesembuhan kepada yang dijenguk, maka hal tersebutlah yang sebenarnya paling dibutukan oleh mereka yang sedang sakit. Jadi baik yang sakit dan menjenguk sama sama mendapat pahala dan kemuliaan disisi ALLAH SWT. Hal ini karena memang menjenguk saudara dan sahabat kita yang sedang sakit adalah sesuatu yang mulia dan memiliki keutamaan besar.

doa menjenguk orang sakit

Saat mendoakan orang sakit agar cepat sembuh, anda bisa membaca doa apapun. Namun bagi anda yang bingung mungkin bisa membaca doa yang akan kami bagi dibawah ini. Lansung saja berikut ini lafadz bacaan doa menjenguk orang sakit menurut sunnah dalam teks arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar kita paham makna dan isi kandungannya.

Doa Menjenguk Orang Sakit Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya


- Membaca surat Al Fatihah
- Membaca surat Al Ikhlas
- Membaca surat Al Falaq
- Membaca surat An Nas

Kemudian membaca doa berikut ini :

 اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBANNAASI ADZHIBIL BA'SA WASY FIHU. WA ANTAS SYAAFI, LAA SYIFAA-A ILLA SYIFAAUKA, SYIFAA-AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAA

Artinya: "Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

Menjenguk orang sakit ini adalah sesuatu yang sangat mulia dan dianjurkan dalam agama islam. Dikatakan dalam sebuah hadits sebagai berikut :

 قَالَ: إِذاَ عاَدَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِي خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلىَّ عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ

Artinya : Beliau (Rasulullah SAW) bersabda: "Jika seseorang berkunjung kepada saudaranya yang muslim (yang sedang menderita sakit), maka seakan-akan dia berjalan-jalan di syurga hingga duduk. Apabila sudah duduk, maka dituruni rahmat dengan deras. Apabila dia berkunjung di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo'akan-nya agar mendapat rahmat hingga sore hari. Apabila dia berkunjung di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo'akannya agar diberi rahmat hingga pagi hari". (HR. Tirmidzi, HR Ibnu Majah)

Itulah teks bacaan doa menjenguk orang sakit lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga beranfaat dan bisa digunakan untuk mendoakan kerabat dan saudara kita yang sedang sakit. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan