Doa Setelah Adzan dan Iqomah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan di share tentang bacaan doa setelah adzan dan iqomah sesuai sunnah yang benar. Doa adzan ini dibaca dan diucapkan ketika kita selesai mendengar kumandang adzan, hal ini juga berlaku untuk doa iqomat. Kami sajikan lafadz doanya dalam teks bahasa arab, latin dan artinya agar bisa dipahami makna dan isi kandungannya.

doa setelah adzan dan iqomah

Adzan sendiri adalah panggilan dan seruan mulia untuk melaksanakan ibadah sholat wajib 5 waktu. Mereka yang mengumandangkan adzan dan iqamah disebut muadzin. Banyak sekali hal hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan adzan dan iqamah ini. Beberapa diantaranya adalah menjawab adzan dan iqamah dengan jawaban jawaban khusus hingga membaca sholawat dan doa setelah adzan dan iqomah. Ini semua adalah sunnah Nabi Muhammad SAW yang haruslah kita amalkan. Banyak dalil dalil yang menjelaskan perihal doa selesai adzan dan iqomat ini. Dibawah ini salah satu dalil hadist yang menjelaskannya.

Jabir ibnu Abdullah r.a. menceritakan hadis berikut, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya sebagai berikut :

Barang siapa ketika mendengar azan mengucapkan doa berikut, “Ya Allah, Raab seruan yang sempurna ini dan salat yang didirikan, berikanlah al- wasilah dan keutamaan kepada Nabi Muhammad, dan bangkitkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan kepadanya.” niscaya ia mendapat syafaat dariku di hari kiamat. (Riwayat Bukhari di dalam kitab Shahih-nya).

Dan bagaimana bacaan doa selepas adzan dan iqomah yang benar. Langsung saja simak dibawah ini lafadz doa setelah adzan dan iqomah sesuai sunnah lengkap dalam teks arab, tulisan latin dan terjemahan Indonesianya.

Doa Setelah Adzan


 اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma robba haadzihid da'watit taammati wash sholaatil qooimati aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilata wasy syarofa wad darajatal 'aaliyatar raofii'ata wab'atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa'adtahu, innaka laa tukhliful mii'aada yaa arhamar roohimiina.

Artinya :Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniailah nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang.

Doa Setelah Iqomah


 أَقَامَهَا وَأَدَامَهَا مَا دَامَتِ السَّموَاتِ وَالأَرْضِ وَجَعَلَنِيْ مِنْ صَالِحِي أَهْلِهَا

Aqoomahallaahu wa adaamahaa maadamatis samaawaatu wal ardi waja'alani min shoolihii ahliha.

Artinya : Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada. Dan semoga Allah menjadikan aku termasuk orang yang benar-benar melaksanakannya.

Itulah teks bacaan doa setelah adzan dan iqomah yang benar sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengucapkan doa diatas sesudah kita mendengar kumandang adzan dan iqomat. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan