Doa Setelah Sholat Tarawih (Doa Kamilin) Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas mengenai bacaan doa setelah sholat tarawih atau doa kamilin. Doa ini dibaca ketika kita selesai mengerjakan ibadah shalat tarawih di bulan ramadhan. Jika kita sholat tarawih berjamaah di masjid atau musholla, tentu yang membacanya adalah imam dan kita hanya mengamininya saja. Kami sajikan doa sholat tarawih ini dalam tulisan arab, latin dan artinya.

Seperti yang kita ketahui, sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari bulan ramadhan dan waktu pelaksanaannya biasanya tepat setelah sholat isyak. Jumlah rakaatnya adalah 20 rakaat, akan tetapi jika melakukan kurang dari 20 rakaat maka dia telah mendapatkan pokok pahala dari sholat tarawih. Dan dalam melaksanakan sholat tarawih harus dilakukan dengan melakukan salam setiap dari dua rakaat.

doa setelah sholat tarawih
 
Dan sama seperti ibadah sholat sholat yang lainnya. Kita juga dianjurkan untuk bersholawat, berdzikir serta membaca wirid dan doa ketika selesai mengerjakan shalat tarawih. Dan lafadz doa sesudah sholat tarawih ini disebut dengan doa kamilin. Dan untuk lebih jelasnya, langsung saja berikut ini teks bacaan doa setelah sholat tarawih sesuai sunnah lengkap dalam lafadz bahasa arab, latin dan terjemahan Indonesianya supaya dimengerti makna dan isi kandungan didalamnya.

Doa Setelah Sholat Tarawih


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ، اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْمُرْسَلِيْن سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْن، اَللّهُمَّ اجْعَلْنَا بِالإِيْمَانِ كَامِلِيْن، وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْن، وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْن، وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْن، وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْن، وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْن، وِبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْن، وَعَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضِيْن، وَفِي الدُّنْيَا زَاهِدِيْن، وَفِي الآخِرَةِ رَاغِبِيْن، وَبِالْقَضَاءِ رَاضِيْن، وَبِالنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْن، وَتَحْتَ لِوَاءِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صل الله عليه و سلم يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْن، وَإِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْن، وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْن، وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْن، وَعَلَى سَرِيْرِ الْكَرَامَةِ قَاعِدِيْن، وَمِنْ حُوْرِ الْجِنَانِ مُتَزَوِّجِيْن، وَمِنْ سُنْدُسٍ وَّإِسْتَبْرَقٍ وَّدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْن، وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْن، وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفَّيْنِ شَارِبِيْن، بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِنْ مَعِيْن، مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْن وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيْقَا ذَلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمَا إِنَّ الله وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِي، يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا، اَللّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَقِرَاءَتَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتسْبِيْحَنَا وَتَهْلِيْلَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَخُشُوْعَنَا وَلاَ تَضْرِبْ بِهَا وُجُوْهَنَا يَا إِلهَ الْعَالَمِيْن وَيَا خَيْرَ النَّاصِرِيْنْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن، وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ، دَعْوَاهُمْ فِيْهَا سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيْهَا سَلاَمٌ وَآخِرُ دَعْوَاهُمْ أَنِ الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن

 Allaahummaj'alnaa bil-iimaani kaamiliin, wa lil-faraa 'idimu'addiin, wa lis-salaati haafiziin, wa liz-zakaatii faa'iliin, wa limaa 'indaka taalibiin, wa li'afwika raajiin, wa bil-hudaa mutamassikiin, wa 'anil-lagwi mu'ridiin, wa fid-dun-yaa zaahidiin, wa fil-aakhirati raagibiin, wa bil-qadaa'i raadiin, wa lin-na 'maa'i syaakiriin, wa 'alal-balaa'i saabiriin, wa tahta liwaa'i sayyidinaa Muhammadin sallallahu 'alaihi wa sallama yaumal-qiyaamati saa'iriin, wa ilal-haudi waaridiin, wa ilal-jannati daakhiliin, wa minan-naari naajin, wa 'alaa sariiril-karaamati qaa'idiin wa min huurin 'iinim mutazaw-wijiin, wa min sundusiw wa istabraqiw wa diibaajim mutalabbisiin, wa min ta'aamil-jannati aakiliin, wa mil labaniw wa 'asalim musaffan syaaribiin, bi akwaabiw wa abaariiqa wa ka'sim mim ma'iin. Ma'allaziina an'amta 'alaihim minan-nabiyyiina was-siddiiqiina wasy-syuhadaa'i was-saalihiinna wa hasuna ulaa'ika rafiiqaa, zaalikal-fadlu minallaahi wa kafaa billaahi 'aliimaa. Allaahummaj'alnaa fii lailati haazasy-syahrisy-syariifatil-mubaarakati minas-su'adaa'il-maqbuuliina wa laa taj'alnaa minal-asyqiyaa'il-marduudiin. Wa sallallaahu 'alaa Muhammadiw wa 'alihii wa sahbihii ajmaa'in, bi rahmatika yaa arhamar-raahimiin, wal-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin.

Artinya : Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada paling mulianya Para Rasul Sayyidina Muhammad serta semua keluarga dan Shahabatnya. Ya Allah, jadikanlah kami orang yang selalu menyempurnakan keimanannya, dan orang-orang yang selalu melaksanakan kewajibannya, serta orang-orang yang selalu menjaga sholatnya, dan melaksanakan zakatnya. Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang mengharapkan apa yang ada di sisi-Mu, mengharapkan ampunan-Mu, berpegang teguh dengan kebenaran-Mu, berpaling dari kelalaian, dan orang-orang yang zuhud dalam dunia, dan mementingkan akhiratnya, menerima dengan ketetapanMu, dan orang yang berada di bawah bendera Rasulullah SAW pada hari kiamat nanti, dan orang-orangyang meminum dari telaga Rasulullah SAW Ya Allah, masukkanlah kami ke dalam surga dan terlepas dari neraka, dan dudukkanlah kami di atas kursi-kursi kehormatan, kawinkanlah kami dengan para bidadari dan berikanlah kami pakaian-pakaian dari sutra dibaj dan istabrak, dan jadikan kami orang yang makan dengan makanan surga dan minum madu dan susu yang sangat jernih dengan cangkir, gelas dan pod yang sangat indah bersama mereka yang Engkau berikan kenikmatan dari para Nabi, para Shiddiqin dan para Syuhada’ serta para sholihin, sebaik-baik teman mereka dan yang demikian itu semata-mata karena keutamaan dari Allah SWT. dan cukup bagi Allah SWT. Dzat Yang Maha Tahu. Sesungguhnya Allah SWT. serta para Malaikat-Nya bersholawat kepada Nabi, wahai orang yang beriman bersholawatlah kalian kepada beliau serta bersalam. Ya Allah, terimalah sholat kami, puasa kami, sholat malam kami dan bacaan kami, ya Allah terimalah ruku’ dan sujud kami serta duduk kami untuk beribadah. Ya Allah, terimalah juga tasbih dan tahlil kami, doa dan khusyu’ kami, jangan Engkau tolak wahai Tuhan semesta alam, dan wahai sebaik-baik penolong dengan rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Pengasih. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan untuk Sayyidina Muhammad juga kepada keluarga dan para shahabatnya. Doa para ahli surga dalam surga dengan bertasbih dan cara penghormatan mereka dengan salam dan penutup ucapan mereka dengan Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin.

Itulah teks bacaan doa setelah sholat tarawih lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengamalkan membaca doa kamilin diatas setiap kita selesai melaksanakan shalat tarawih di bulan ramadhan. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Doa Setelah Sholat Tarawih (Doa Kamilin) Lengkap Arab, Latin dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel