Niat Puasa Nisfu Sya'ban Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas mengenai bacaan niat puasa nisfu sya'ban lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz niat ini hendaknya kita ketahui dan hafal bagi yang ingin menjalankan puasa sunnah di bulan syaban.

Memang secara umum tata cara puasa sunnah syaban sendiri tidaklah berbeda dan hampir sama dengan puasa-puasa lainnya. Namun niat puasa sya'ban jelas berbeda dengan puasa lainnya. Maka dari itulah bacaan niat ini benar benar harus diketahui.

niat puasa sya'ban

Bulan sya'ban sendiri adalah bulan ke delapan dalam kalender hijriyah sebelum kita memasuki bulan ramadhan. Banyak sekali amalan amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan di bulan syaban ini salah satunya adalah dengan memperbanyak berpuasa.

Puasa sya'ban sendiri hukumnya sunnah sehingga kita sangat dianjurkan untuk mengerjakannya. Rasulullah SAW sendiri mengerjakan puasa sunnah sya'ban ini. Selain mendapatkan pahala sunnah, puasa di bulan sya'ban juga sekaligus sarana melatih diri sebelum menjalankan ibadah puasa wajib di bulan ramadhan. Dalam dalil hadits disebutkan sebagai berikut :

كَانَ أَحَبُّ الشُّهُورِ إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَصُومَهُ شَعْبَانَ، ثُمَّ يَصِلُهُ بِرَمَضَانَ

Artinya : Bulan yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW untuk berpuasa sunah adalah bulan Sya’ban, kemudian beliau menyambungnya dengan puasa Ramadhan.” (HR. Abu Daud no. 2431 dan Ibnu Majah no. 1649).

Dan lalu bagaimana bacaan niat puasa sya'ban yang benar? langsung saja simak berikut ini doa niat puasa sunnah nisfu syaban lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar kita mengerti makna dan isi kandungan dari niat yang kita baca.

Niat Puasa Sya'ban


نويت صوم غد عن شهر شعبان سنة لله تعالى

NAWAITU SHAUMA GHADIN 'AN SYAHRI SYA'BAN SUNNATAN LILLAAHI TA'ALA.

Artinya : Saya niat berpuasa besok dari bulan sya'ban sunnah karena Allah Ta'ala.

Manfaat dan Keutamaan Puasa Sya'ban


Keistimewaan dan keutamaan bulan sya'ban ini terletak pada pertengahannya yang biasanya disebut sebagai Nisfu Sya’ban. Secara harfiyah istilah Nisfu Sya’ban berarti hari atau malam pertengahan bulan Sya’ban atau tanggal 15 Sya’ban. Dan salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan adalah puasa sunnah sya'ban. Puasa sunnah nisfu sya'ban sendiri memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan bagi yang mengerjakannya. Berikut ini dalil hadist yang menjelaskannya :

ذاكَ شهر تغفل الناس فِيه عنه ، بين رجب ورمضان ، وهو شهر ترفع فيه الأعمال إلى رب العالمين، وأحب أن يرفع عملي وأنا صائم — حديث صحيح رواه أبو داود النسائي

Artinya : ”Bulan Sya’ban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadan. Bulan Sya’ban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa.” (HR Abu Dawud dan Nasa’i)

 كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يُفْطِرُ ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ . فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ

Artinya : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa, sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban. (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikianlah teks bacaan niat puasa nisfu sya'ban lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah doa niat diatas bisa bermanfaat bagi kita terutama yang akan menjalankan ibadah sunnah berpuasa di bulan sta'ban. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan