Niat Puasa Syawal 6 Hari yang Benar Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Niat puasa Syawal 6 hari - Puasa 6 hari di bulan Syawal merupakan salah satu puasa sunnah yang dianjurkan. Puasa sunnah ini juga memiliki bacaan niat tersendiri. Lafadz niat ini hendaknya dibaca ketika kita melaksanakan puasa sunnah di bulan syawal selama enam hari. Puasa Syawal sendiri hukumnya sunnah dan sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Puasa 6 hari dalam puasa syawal itu bisa secara berurutan dan juga boleh dipisah-pisah. Jika ingin mengerjakan puasa sunah syawal enam hari secara berurutan, maka dapat dikerjakan pada tanggal 2, 3, 4, 5, 6, 7 Syawal. Jika terpisah-pisah, maka waktunya bebas asalkan tetap termasuk dalam waktu bulan syawal.

Manfaat dan keutamaan puasa sunnah di bulan Syawal sangat besar sekali, salah satunya adalah mereka yang berpuasa di bulan Syawal dianggap sama dengan berpuasa setahun penuh. Maka sangat disayangkan jika kita sebagai umat Islam meninggalkan puasa sunnah syawal ini.

(baca juga niat puasa Ramadhan)

niat puasa syawal

Dalam sebuah hadits dikatakan sebagai berikut:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Artinya : Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa 6 (enam) hari bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti puasa satu tahun penuh. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dibagikan teks bacaan niat puasa sunnah Syawal 6 hari yang benar lengkap dalam lafadz Arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Niat Puasa Syawal


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ سِتَةٍ مِنْ شَوَالٍ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghodin 'ansittatin syawaali sunnatan lillahi ta'alaa

Artinya : Saya niat berpuasa sunnah enam hari bulan Syawal karena Allah Ta'ala.

Sebenarnya secara umum tata cara puasa syawal hampir sama dengan puasa sunnah lainnya. Hanya doa niatnya saja yang berbeda. Jadi sangat penting bagi kita untuk mengetahui lafadz niat puasa syawal bagi yang akan menjalankannya.

Sedangkan mengenai khasiat dan fadhilah puasa Syawal seperti yang tersebut diatas sangatlah besar dan menjadikan kita mendapatkan pahala berlipat ganda. Jika kita menjalankan ibadah puasa wajib di bulan ramadhan dan ditambah dengan puasa syawal maka pahalanya adalah seperti puasa satu tahun penuh.

Jadi setelah kita menjalankan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan, lengkapi juga dengan puasa Syawal yang dikerjakan sehari setelah hari raya idul fitri dan bisa dimulai saat masuk tanggal 2 Syawal. Untuk penjelasannya bisa simak riwayat hadits berikut ini.

Imam Ahmad dan An-Nasa'i, meriwayatkan dari Tsauban bahwa Nabi SAW bersabda:

Puasa Ramadhan (ganjarannya) sebanding dengan (puasa) sepuluh bulan, sedangkan puasa enam hari (di bulan Syawal, pahalanya) sebanding dengan (puasa) dua bulan, maka itulah bagaikan berpuasa selama setahun penuh."(HR Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).

Demikianlah pembahasan mengenai teks bacaan niat puasa Syawal 6 hari yang benar lengkap bahasa Arab, latin dan artinya bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa istiqomah menjalankan puasa sunnah Syawal. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Niat Puasa Syawal 6 Hari yang Benar Lengkap Arab, Latin dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel