Niat Sholat Witir yang Benar Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas tentang bacaan niat sholat witir yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Akan disajikan lafadz niat shalat witir 1 rakaat dan niat sholat witir 2 rakaat lengkap saat bertindak sebagai imam, makmum dan saat shalat witir sendirian.

Sholat witir adalah salah satu shalat yang hukumnya sunnah muakkad dan sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Sholat witir dikerjakan pada malam hari dengan rentang waktu setelah shalat isyak hingga sebeluum subuh. Jumlah rakaat shalat witir adalah ganjil bisa di kerjakan 1 rakaat, 3 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat, 9 rakaat, atau 11 rakaat.

Niat Sholat Witir yang Benar Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Namun shalat witir ini banyak dilupakan, hanya dikerjakan pada bulan ramadhan saja setelah sholat tarawih. Padahal shalat witir ini bisa dikerjakan kapan saja setiap harinya sebagai penutup ibadah malam baik setelah shalat isyak maupun setelah shalat tahajjud. Berikut dalil hadits tentang shalat witir :

 قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ خَافَ اَنْ لَايَقُمَ اٰخِرَالَّيْلِ فَلْيُوْتِرْ اَوَّلَهُ وَمَنْ طَمَعَ اَنْ يُوْتِرَاٰخِرَالَّيْلِ فَاِنَّ الْصَلَاةَاٰخِرَالَّيْلِ مَشْهَوْدَةٌ وَذٰلِكَ اَفْضَلُ رواه مسلم

Artinya: Rasullullah Saw, bersabda. " Barang siapa khawatir tidak dapat bangun pada akhir malam, hendaklah sholat Witir pada awal malam. Barang siapa yang menginginkan sholat Witir pada akhir malam, sesungguhnya sholat pada akhir malam itu di saksikan (malaikat) dan itu lebih utama" (H.R Muslim)

Jumhur ulama berpendapat bahwa shalat witir dilaksanakan dengan satu kali salam tiap dua rakaat dan terakhir satu kali salam satu rakaat.  Sedangkan tata cara pengerjaannya secara umum sama saja dengan shalat lainnya. Hanya lafadz niat sholat witirnya jelas berbeda. Inilah yang harus anda ketahui.

Karena pelaksanaannya dapat di bagi-bagi, misalnya 3 rakaat dengan setiap 2 rakaat 1 kali salam dan 1 raka'at terakhir dengan 1 kali salam, maka sudah tentu lafadz niatnya berbeda beda.

Dan langsung saja untuk lebih jelasnya berikut ini teks bacaan niat sholat witir 1 rakaat sekali salam  dan niat sholat witir 2 rakaat sekali salam yang benar lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Niat Sholat Witir 1 Rakaat


اُصَلِّى سُنَّةً الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً (مَأْمُوْمًا / اِمَامًا) ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal witri  rak'atan mustaqbilal qiblati adaan ( ma'muuman/imaaman ) lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat sholat sunah witir satu rakaat menghadap kiblat (sebagai ma'mum/imam ) karena Allah Ta'ala"

Niat Sholat Witir 2 Rakaat


اُصَلِّى سُنَّةً الْوِتْرِرَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً (مَأْمُوْمًا / اِمَامًا) ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal witri rak'ataini  mustaqbilal qiblati adaan ( ma'muuman/imaaman ) lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat sholat sunah witir dua rakaat menghadap kiblat (sebagai ma'mum/imam ) karena Allah Ta'ala"

Catatan : Jika anda melaksanakan sholat witir sendirian dan tidak berjamaah, maka niat shalat witirnya adalah tanpa menggunakan lafadz "imaaman/makmuman". Contohnya untuk niat shalat witir satu rakaat sebagai berikut ini :

اُصَلِّى سُنَّةً الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً  ِللهِ تَعَالَى

Demikianlah bacaan niat sholat witir 1 rakaat dan 2 rakaat yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga lafadz niat diatas bermanfaat dan kita dijadikan hamba yang istiqomah dalam mengerjakan sholat sunnah witir setiap harinya. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "Niat Sholat Witir yang Benar Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel