Doa Dalam Kesulitan Hidup Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Pembahasan kali ini adalah bacaan doa dalam kesulitan hidup lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Kehidupan berputar silih beganti dimana setiap manusia pasti memiliki masalah. Hal ini sangat wajar karena memang ALLAH SWT senantiasa menguji hamba hambanya dengan berbagai macam ujian dan cobaan hidup.

Cobaan hidup sendiri berbagai macam bentuknya mulai dari kesulitan keuangan/harta, kesusahan dalam membayar hutang, masalah pekerjaan serta berbagai macam kesulitan lainnya. Hal utama yang mestilah dilakukan adalah dengan berdoa ketika dalam kesulitan. Dengan memohon kepada ALLAH SWT, insyaallah kita akan diberi kemudahan menghadapi segala macam urusan hidup.


ALLAH SWT berfirman dalam kitab suci Al-Quran sebagai berikut :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat.” (Surat Al-Baqarah ayat 153).

Kita bisa berdoa apa saja sesuai kata kata kita sendiri. Namun ada beberapa doa menghadapi masalah besar dan kesulitan yang bisa anda amalkan karena diambil dari Al Quran dan hadits Nabi Muhammad SAW sehingga pastinya lebih mujarab. Dan yang tak kalah penting adalah yakin dan tidak berputus asa akan rahmat dan karunia ALLAH SWT. Yakinlah bahwa ALLAH SWT pasti akan menolong dan membantu kita dalam mencari jalan keluar terbaik.

Lalu bagaimana lafadz doa agar keluar dari kesulitan hidup yang mustajab dan ampuh? Simak berikut ini teks bacaan doa dalam kesulitan keuangan, pekerjaan dan kehidupan lengkap lafadz arab, tulisan atin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Menghadapi Kesulitan Hidup


للَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”

Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

 لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minazholimiin.

Artinya : Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat dzalim.  

  رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحۡمَةً۬ وَهَيِّئۡ لَنَا مِنۡ أَمۡرِنَا رَشَدً۬ا

Rabbana Aatinaa miladunka rohmata, wahayyaa lanaa min amrinaa rosadaa.

Artinya: "Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini." (QS. Al-Kahfi: 10).

Itulah teks bacaan doa dalam kesulitan hidup lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga lafadz doa dalam kesusahan diatas bisa diamalkan sehingga ALLAH SWT memudahkan semua urusan dan masalah kita. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan