Doa Menuntut Ilmu yang Bermanfaat Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas bacaan doa menuntut ilmu yang bermanfaat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Menuntut ilmu hukumnya adalah wajib bagi setia muslim mulai muda hingga ia meniggal. Tidak hanya menuntut ilmu pengetahuan dan dunia saja, namun yang lebih penting dan wajib adalah menuntut ilmu agama islam.

Selain berusaha dan berikhtiar dengan belajar setiap harinya, jangan lupa untuk berdoa sebelum belajar dan menuntut ilmu. Percuma jika kita hanya belajar dan mengandalkan kemampuan kita sendiri, karena tanpa bantuan dari ALLAH SWT akan sia sia dan percuma. Dengan membaca doa menuntut ilmu, insyaallah kita diberi kemudahan dalam memahami dan menyerap ilmu yang kita pelajari.

Doa Menuntut Ilmu yang Bermanfaat Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kita bisa berdoa ketika menuntut ilmu dengan doa apa saja dan tentu itu dibolehkan asalkan memohon hanya kepada ALLAH SWT. Namun ada beberapa lafadz doa menuntut ilmu yang dianjurkan untuk dibaca agar ilmu bisa dengan mudah diserap, dicerna dan dimengerti.

Langsung saja untuk lebih jelasnya berikut ini kumpulan bacaan doa menuntut ilmu yang bermanfaat lenglap dalam tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Menuntut Ilmu


 اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً وَرِزْقًا وَاسِعًا وَاِلَى الْخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ بَعِّدْنَا

Alloohumma innii as-aluka 'ilman naaafi'an wa 'amalam mutaqobbalaa' wa rizqona'waasi'an wa ilal khoiri qorribna'a wa 'anisy syarri ba'idnaa

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, amal perbuatan yang diterima, rizqi yang lapang, dan dekatkanlah aku ke perilaku yang baik serta jauhkanlah aku dari perbuatan yang jelek.

Doa Menutut Ilmu lainnya yang bisa dibaca :

 يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا

Yaa robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa

Artinya:Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman.

Bisa juga ditambah dengan doa menuntut ilmu dibawah ini :

اَللَّهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا فُتُوْحَ ﭐلعَارِفِيْنَ وَارْزُقْنَا فَهْمَ النَّبِيِّـيْنَ وَإِلْهَامَ ﭐلمَلاَئِكَةِ المُقَرَّبِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحمِيِْنَ

Allahummaftah alaina futukhal aarifina warzuknafahmannabiyyina wailhama malaaikatil muqorrobiina birohmatika yaa arhamarrohimin.

Artinya : Ya Allah, bukakanlah pintu hati kami sebagaimana orang-orang yang arif , Kurniakanlah kepada kami kefahaman Nabi-Nabi dan ilham para Malaikat yang hampir dengan-Mu, dengan Rahmat-Mu Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang. 

Demikianlah teks bacaan doa menuntut ilmu yang bermanfaat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jangan lupa untuk selalu berdoa memohon kepada ALLAH SWT sebelum mencari ilmu agar kita diberikan kefahaman dan ilmu yang berkah dan membawa manfaat. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan