Doa Mohon Ampun Kepada Allah SWT Atas Segala Dosa dan Kesalahan

Doa yang dishare kali ini adalah bacaan doa mohon ampun kepada ALLAH SWT atas segala dosa dan kesalahan lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz doa minta ampun ini hendaknya dibaca tidak hanya ketika kita merasa berdosa dan berbuat salah saja, namun diamalkan dan dibaca setiap harinya agar semua dosa dosa kita baik dosa besar maupun dosa kecil diampuni oleh ALLAH SWT.

Kita sebagai manusia tentulah tak lepas dari salah dan khilaf dimana kita melanggar aturan agama islam. Terkadang kita juga sering melakukan dosa dosa kecil yang kita anggap sepele, padahal hakikatnya kita telah berdosa dengan melakukan sesuatu yang dilarang oleh ALLAH SWT, Tuhan yang menciptakan kita semua. Apalagi jika dosa besar yang kita lakukan seperti berzina misalnya.

Doa Mohon Ampun Kepada Allah SWT Atas Segala Dosa Arab, Latin dan Artinya

Maka langkah terbaik tentulah segera bertaubat dengan taubat nasuha yaitu tobat yang sungguh sungguh dan berjanji tidak mengulanginya lagi. Serta jangan lupa istiqomah berdoa mohon ampun dan perlindungan kepada ALLAH SWT dari segala dosa dan kesalahan. Yakinlah sebesar apapun dosa kita, ALLAH SWT pasti akan mengampuninya.

Dalam Al-Quran ALLAH SWT berfirman sebagai berikut :

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Artinya:“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka, dan tidaklah pula Allah meng­azab mereka, sedang mereka meminta ampun.” (QS al-Anfaal: 33)

 وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ جَاءُوكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللَّهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُولُ لَوَجَدُوا اللَّهَ تَوَّابًا رَحِيمًا ……..

Artinya: “…Sesungguhnya, jikalau mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rasul pun memohonkan ampun untuk mereka, tentunya mereka mendapati Allah Maha Penerima taubat, lagi Maha Penyayang.” (an-Nisaa’: 64).

أَلَمْ يَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ هُوَ يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ

Artinya: “Tidaklah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hamba-Nya?” (Surat At Taubah Ayat 104).

Jika kita telah mengetahui bahwa ALLAH SWT adalah sang maha pengampun dan maha penyayang serta maha penerima taubat, maka jangan ragu untuk berdoa memohon ampun dari dosa besar dan kecil kapan saja waktunya. Cara terbaik adalah dengan membacanya setelah sholat wajib 5 waktu.

Memohon ampun kepada ALLAH dimulai dengan mengucapkan istighfar, lalu kemudian berdoa. Lalu bagaimana bacaan doanya yang benar dan mustajab? Berikut ini kumpulan doa mohon ampunan dosa besar dan kecil lengkap tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Memohon Ampun


أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Asataghfirullaah Laa Ilaaha Illaa HuwalHayyal Qayyuma wa Atuubu Ilaihi

Artinya: “Aku mohon ampun dan bertaubat kepada Allah yang tiada tuhan (berhak disembah) kecuali hanya Dia, Dzat Maha hidup kekal dan berdiri sendiri”.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالإيمَانِ وَلا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

rabbanaa ighfir lanaa wali-ikhwaaninaa alladziina sabaquunaa bial-iimaani walaa taj’al fii quluubinaa ghillan lilladziina aamanuu rabbanaa innaka rauufun rahiimun

Artinya: Ya Rabb Kami, beri ampunlah Kami dan saudara-saudara Kami yang telah beriman lebih dulu dari Kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati Kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb Kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (QS Al Hasyr ayat 10)

رَبَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

Rabbanaa aamanna fagfirlanaa warhamnaa wa anta khairurrahimiin

Artinya: Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik (QS. Al-Mukminun 109)

Demikianlah kumpulan bacaan doa mohon ampun kepada ALLAH SWT atas segala dosa dan kesalahan lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah dengan taubat yang sungguh sungguh dan membaca doa minta ampun diatas, kita semua akan diampuni oleh ALLAH SWT dari berbagai macam dosa besar dan dosa kecil. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan