Doa Ulang Tahun Islami Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Pembahasan kali ini adalah tentang ucapan doa ulang tahun islami lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jika biasanya kita mengucapkan ucapakan selamat ulang tahun saja kepada keluarga atau sahabat/teman yang berulang tahun, maka kini sebaiknya anda tambah dengan doa ulang tahun dalam islam. Dengan berdoa dan memohon kebaikan kepada ALLAH SWT, maka insyaallah kita akan semakin beriman dan bertakwa seiring dengan bertambahnya usia.

Untuk ucapan selamat ulang tahun (milad) islami anda bisa ucapkan dengan doa singkat yaitu "Barakallah fi umrik“ yang artinya adalah “Semoga Allah memberi berkah atas umurmu”. Selanjutnya bisa dengan mengucapkan doa ulang tahun bahasa arab dimana arti dan makna kandungannya adalah memohon kebaikan, kesehatan, keselamatan, kemuliaan dan tentu saja panjang umur bagi mereka yang berulang tahun.

Doa Ulang Tahun Islami Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Lalu bagaimana doa ulang tahun yang terbaik yang mencakup berbagai permohonan kepada ALLAH SWT? Simak berikut ini kumpulan ucapan doa ulang tahun baik untuk keluarga (ayah dan ibu), doa ulang tahun untuk diri sendiri, doa ulang tahun anak, doa ulang tahun untuk sahabat dan bisa juga digunakan sebagai doa ulang tahun pernikahan. Kami sajikan lafadz doanya dalam tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Ulang Tahun Mohon Panjang Umur


اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma thowwil ‘umuuronaa, wa shohhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijanaa fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun

Artinya: Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkanlah kami dengan kejahatan. Kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia ataupun di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.

Doa Ulang Tahun Mohon Kebahagiaan Keluarga


رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuun waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama

Artinya: Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.

Doa Ulang Tahun Mohon Keselamatan dan Kesejahteraan


اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allahumma Innaa Nas Aluka, Salaamatan Fid Diin, Wa 'Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyaadatan Fil 'Ilmi, Wa Barokatan Fir Rizq, Wa Taubatan Qoblal Maut, Wa Rohmatan 'Indal Mauti, Wa Maghfirotan Ba'dal Maut.

Artinya: Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

Doa Ulang Tahun Mohon Anak yang Sholeh


رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Rabbi habli min ladunya dzurriyatan thaiyyibatan innaka sami’ud du’a’i.

Artinya: Ya Allah ya Tuhan kami berikanlah kami anak yang saleh dan salehah karena hanya sesungguhnya Engkaulah zat yang maha mendengarkan setiap doa.

Doa Ulang Tahun Mohon Rezeki yang Barokah


اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qodiir.

Artinya : Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu. 

Demikianlah teks bacaan doa ulang tahun islami lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga lafadz doa diatas bermanfaat dan kita diberikan umur panjang dalam ketaatan kepada ALLAH SWT. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan