Doa Menerima Zakat Fitrah dan Zakat Mal Lengkap Arab, Latin & Artinya

Kali ini akan dibahas teks bacaan doa menerima zakat fitrah dan zakat mal lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Zakat sendiri adalah salah satu dari rukun islam sehingga hukumnya wajib bagi setiap muslim. Zakat sendiri terbagi menjadi dua yaitu zakat fitrah yang dibayarkan menjelang hari raya idul fitri dan zakat maal atau zakat harta.

Doa Menerima Zakat Fitrah dan Zakat Mal Lengkap Arab, Latin & Artinya
 
Pembayaran zakat fitrah adalah dengan menggunakan makanan pokok suatu daerah/wilayah misalnya beras, kurma, susu, gandum dan lain sebagainya. Sedangkan mereka yang berhak menerima zakat disebut mustahiq zakat yang terdiri dari fakir (orang yang tidak memiliki harta), miskin (orang yang penghasilannya tidak mencukupi), riqab (hamba sahaya atau budak), gharim (orang yang memiliki banyak hutang), mualaf (orang yang baru masuk Islam), fisabilillah (pejuang di jalan Allah), ibnu Sabil (musyafir dan para pelajar perantauan) dan amil zakat (panitia penerima dan pengelola dana zakat).

Dan yang perlu diketahui selain membaca doa saat membayar dan mengeluarkan zakat, ternyata juga ada doa ketika menerima zakat mal dan zakat fitrah. Doa ini dibaca saat kita menerima zakat dari orang lain. Lafadz doanya pendek dan tidak panjang sehingga mudah dihafal. Insyaallah dengan berdoa, maka zakat akan penuh kebaikan dan diberkahi oleh ALLAH SWT.

Lalu bagaimana lafadz doa menerima zakat yang shahih sesuai sunnah Rasulullah SAW? Berikut ini teks bacaan doa menerima zakat fitrah dan zakat mall lengkap dalam tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Menerima Zakat


اَجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَاجْعَلْهُ لَكَ طَهُوْرًا

AAJAROKALLAAHU FIIMAA A'THOITA WABAAROKA FIIMAA ABQOITA WAJA'ALAHU LAKA THOHUURON

Artinya : Semoga Allah melimpahkan ganjaran pahala terhadap harta yang telah Engkau berikan dan semoga Allah memberkahi harta yang masih tersisa padamu, serta semoga Allah menjadikan dirimu suci bersih.

Demikianlah teks bacaan doa menerima zakat fitrah dan zakat mal lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jangan lupa untuk membaca doa diatas ketika kita menerima pemberian zakat dari seseorang. Wallahu a' lam.

Belum ada Komentar untuk "Doa Menerima Zakat Fitrah dan Zakat Mal Lengkap Arab, Latin & Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel