Nama Nama Neraka dan Penghuninya Lengkap Beserta Dalil Penjelasannya

Pembahasan kali ini adalah mengenai nama nama neraka dan penghuninya lengkap beserta dalil penjelasannya dalam Al Quran. Setiap muslim sendiri kelak akan menempati surga atau neraka dan semuanya tergantung amal perbuatan semasa hidup di dunia. Di neraka dan surga semua akan kekal abadi dan tidak ada penghujungnya. Setelah disiksa, penghuni neraka akan dihidupkan lagi untuk kemudian disiksa kembali.

Nama Nama Neraka dan Penghuninya Lengkap Beserta Dalil Penjelasannya

Jadi ketika di dunia ini manfaatkan waktu dan kesempatan yang diberikan oleh ALLAH SWT unutk berbuat baik dan beramal sholeh agar kelak masuk surga dan terhindar dari pedihnya siksa api neraka. Neraka sendiri adalah tempat penyiksaan paling mengerikan dimana didalamnya berisi mereka yang tidak beriman kepada ALLAH SWT dan membangkan perintah ALLAH SWT.

ALLAH SWT telah memperingatkan setiap manusia untuk senantiasa beriman dan memelihara diri serta kelarga dari siksa api neraka. Dalam kitab suci Al-Quran, ALLAH SWT berfirman sebagai berikut :

فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ

Artinya : “Peliharalah dirimu dari Neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.” (Al Baqarah: 24)

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِنَا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ نَارًا كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُودُهُمْ بَدَّلْنَاهُمْ جُلُودًا غَيْرَهَا لِيَذُوقُوا الْعَذَابَ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَزِيزًا حَكِيمًا

Artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (QS Al-Nisa ayat 56).

Dengan begitu maka selama di dunia ini janganlah berbuat maksiat dan mengerjakan apa yang dilarang oleh ALLAH SWT. Hal ini dikarenakan siksa neraka yang sangat perih dan tidak akan mampu siapapun juga untuk menahannya. Terdapat beberapa pintu pintu dan tingkatan Neraka. Neraka paling bawah adalah neraka jahannam yang merupakan neraka paling pedih siksaannya.

Ini sekaligus menjelaskan bahwa neraka memiliki tingkatan yang disetiap tingkatan memiliki siksa yang berbeda beda. Mulai paling ringan hingga paling pedih. Meski begitu paling ringannya siksa neraka tetaplah tidak akan mampu tertahankan oleh siapapun. Maka cara terbaik adalah beriman dan bertakwa serta menjauhi semua larangan ALLAH SWT semasa kita masih diberi kesempatan hidup di dunia yang fana ini.

Nama Nama Neraka dan Penjelasannya


Neraka juga memiliki nama nama seperti surga. Lalu apa saja macam macam nama neraka yang ada sesuai dalil Al-Quran? Simak berikut ini daftar 7 nama nama neraka dan artinya lengkap beserta calon penghuninya dan dalil penjelasannya dalam Al Quran.

Neraka Hawiyah


Neraka hawiyah ini diperuntukkan bagi orang orang yang ringan amal timbangan kebaikannya, ia lebih banyak berbuat buruk dan maksiat kepada ALLAH SWT dari pada beramal shaleh.

وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ , فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ , وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ , نَارٌ حَامِيَةٌ

Artinya: Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya. maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?. (Yaitu) api yang sangat panas. (Surat Al Qari'ah ayat 8-11)

Neraka Jahim


Neraka jahim disiapkan bagi manusia yang mendustakan ayat ayat ALLAH SWT dan bagi mereka yang dalam kesesatan.

وَبُرِّزَتِ الْجَحِيمُ لِلْغَاوِينَ

Artinya : dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat", (Surat Asy Syu'ara ayat 91)

وَالَّذِينَ كَفَرُوا وَكَذَّبُوا بِآيَاتِنَا أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ

Artinya : Dan orang-orang kafir serta mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulah penghuni neraka jahim. (Surat Al Maidah ayat 86)

لَا يَذُوقُونَ فِيهَا الْمَوْتَ إِلَّا الْمَوْتَةَ الْأُولَىٰ ۖ وَوَقَاهُمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ

Artinya : mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia. Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka, (Surat Ad Dukhan ayat 56)

Neraka Saqar


Nama neraka selanjutnya adalah neraka saqar bagi siapapun yang sering meremehkan dan meninggalkan sholat 5 waktu, juga diperuntukan bagi yang tidak membantu orang miskin serta suka berkata yang bathil.

فِي جَنَّاتٍ يَتَسَاءَلُونَ , عَنِ الْمُجْرِمِينَ , مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ , قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ , وَلَمْ نَكُ نُطْعِمُ الْمِسْكِينَ , وَكُنَّا نَخُوضُ مَعَ الْخَائِضِينَ , وَكُنَّا نُكَذِّبُ بِيَوْمِ الدِّينِ , حَتَّىٰ أَتَانَا الْيَقِينُ

Artinya : berada di dalam surga, mereka tanya menanya. tentang (keadaan) orang-orang yang berdosa, "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?" Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian". (Surat Al Mudassir Ayat 40-47)

Neraka Sa'ir


Neraka sair ini salah satu penghuninya adalah orang yang memakan harta anak yatim tanpa hak.

وَقَالُوا لَوْ كُنَّا نَسْمَعُ أَوْ نَعْقِلُ مَا كُنَّا فِي أَصْحَابِ السَّعِيرِ , فَاعْتَرَفُوا بِذَنْبِهِمْ فَسُحْقًا لِأَصْحَابِ السَّعِيرِ

Artinya: Dan mereka berkata: "Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala". Mereka mengakui dosa mereka. Maka kebinasaanlah bagi penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala.(Surat Al Mulk ayat 10-11)

إِنَّ الَّذِينَ يَأْكُلُونَ أَمْوَالَ الْيَتَامَىٰ ظُلْمًا إِنَّمَا يَأْكُلُونَ فِي بُطُونِهِمْ نَارًا ۖ وَسَيَصْلَوْنَ سَعِيرًا

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka sair). (Surat An Nisa ayat 10)

وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ وَجَعَلْنَاهَا رُجُومًا لِلشَّيَاطِينِ ۖ وَأَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابَ السَّعِيرِ

Artinya : Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala. (Surat Al Mulk ayat 5)

Neraka Huthamah


Neraka hutamah calon penghuninya kelak adalah orang yang suka mencela dan mengumpat dan menimbun harta keduniaan sebagaimana dalil Al Quran berikut ini.

وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ , الَّذِي جَمَعَ مَالًا وَعَدَّدَهُ , يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ , كَلَّا ۖ لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ , وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ , نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ , الَّتِي تَطَّلِعُ عَلَى الْأَفْئِدَةِ

Artinya : Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung, dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya, sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. (Surat Al Humazah ayat 1-8)

Neraka Ladza / Ladho


Nama neraka selanjutnya yaitu neraka ladza/ladho. Yaitu neraka yang disiapkan untuk dihuni oleh orang orang yang berpaling dari agama dan senang mengumpulkan harta dunia.

وَمَنْ فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ يُنْجِيهِ , كَلَّا ۖ إِنَّهَا لَظَىٰ , نَزَّاعَةً لِلشَّوَىٰ , تَدْعُو مَنْ أَدْبَرَ وَتَوَلَّىٰ , وَجَمَعَ فَأَوْعَىٰ

Artinya : Dan orang-orang di atas bumi seluruhnya kemudian (mengharapkan) tebusan itu dapat menyelamatkannya. Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergolak,yang mengelupas kulit kepala,yang memanggil orang yang membelakang dan yang berpaling (dari agama), serta mengumpulkan (harta benda) lalu menyimpannya. (Surat Al Ma'arij ayat 14-18)

Neraka Jahannam


Neraka terakhir yaitu neraka jahannam yang merupakan tingkatan neraka paling bawah dan siksanya paling mengerikan dan dahsyat.

لَأَمْلَأَنَّ جَهَنَّمَ مِنْكَ وَمِمَّنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ أَجْمَعِينَ

Artinya: Sesungguhnya Aku pasti akan memenuhi neraka Jahannam dengan jenis kamu dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka kesemuanya. (Surat Sad ayat 85)

وَلِلَّذِينَ كَفَرُوا بِرَبِّهِمْ عَذَابُ جَهَنَّمَ ۖ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ

Artinya:Dan orang-orang yang kafir kepada Tuhannya, memperoleh azab Jahannam. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali. (Surat Al Mulk ayat 6)

وَالَّذِينَ كَفَرُوا لَهُمْ نَارُ جَهَنَّمَ لَا يُقْضَىٰ عَلَيْهِمْ فَيَمُوتُوا وَلَا يُخَفَّفُ عَنْهُمْ مِنْ عَذَابِهَا ۚ كَذَٰلِكَ نَجْزِي كُلَّ كَفُورٍ

Artinya : Dan orang-orang kafir bagi mereka neraka Jahannam. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak (pula) diringankan dari mereka azabnya. Demikianlah Kami membalas setiap orang yang sangat kafir. (Surat Fathir ayat 36)

وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ أَجْمَعِينَ

Artinya: Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya.(Surat Al Hijr ayat 43)

أَلَمْ يَعْلَمُوا أَنَّهُ مَنْ يُحَادِدِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَأَنَّ لَهُ نَارَ جَهَنَّمَ خَالِدًا فِيهَا ۚ ذَٰلِكَ الْخِزْيُ الْعَظِيمُ

Artinya: Tidaklah mereka (orang-orang munafik itu) mengetahui bahwasanya barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya nerakan jahannamlah baginya, kekal mereka di dalamnya. Itu adalah kehinaan yang besar. (Surat At Taubah ayat 63)

Itulah daftar 7 nama nama neraka dan penghuninya lengkap beserta dalil penjelasannya dalam Al-Quran. Semoga saja infromasi mengenai nama-nama neraka ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan