Doa Ketika Tertimpa Musibah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dishare kumpulan doa ketika tertimpa musibah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Doa musibah ini hendaknya selalu dibaca dan diamalkan saat kita terkena musibah. Membaca doa ini sangat dianjurkan dalam islam, insyaallah kita bisa bersabar dan ALLAH SWT ganti hal hal buruk dari musibah yang kita alami dengan hal hal yang lebih baik lagi.

Musibah sendiri bisa berarti sebagai adzab, peringatan, ujian atau cobaan. Maka dari itulah kita haruslah memandangnya sebagai ajang untuk introspeksi diri agar menjadi lebih baik lagi dan sesuai dengan ajaran islam. Musibah sendiri bermacam macam, ada musibah besar dan ada juga musibah kecil diantaranya adalah musibah bencana alam seperti gunung meletus, banjir, kebakaran, longsor, kecelakaan, kemalingan, sakit hingga musibah kematian.

Doa Ketika Tertimpa Musibah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Anjuran untuk bersabar saat tertimpa musibah ini disebutkan dalam berbagai dalil salah satunya hadits Nabi Muhammad SAW berikut ini :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عَجَبًا ِلأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ لَهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَلِكَ ِلأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْراً لَهُ

Artinya : “Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya.” (HR.Muslim, shahih).

Bagi seorang Mukmin, tertimpa musibah dan mendapatkan kesenangan adalah sama-sama baik akibatnya, karena keduanya merupakan ujian. Sebagaimana suatu musibah, jika dihadapi dengan sabar, itu adalah kebaikan dan sebab pahala. Maka demikian pula kesenangan, jika dihadapi dengan syukur, itu juga kebaikan yang diiringi pahala.

Maka dari itulah mulai sekarang jangan lupa saat ditimpa musibah, kita harus selalu bersabar dan berdoa ketika tertimpa musibah. Selain itu sering seringlah memohon dan berdoa terhindar dari musibah. Untuk doa terkena musibah paling umum dan singkat adalah "innalillahiwainnailaihirojiun" dan hal ini sudah umum dan diamalkan oleh umat islam dimana mana.

Lalu bagaimana bacaan doa ketika mendapat musibah yang benar dan sesuai sunnah? Untuk lebih jelasnya berikut ini kumpulan lafadz doa ketika tertimpa musibah lengkap dalam tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya supaya mudah dipahami arti dan makna kandungannya.

Doa Ketika Mendapat Musibah 

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أْجُرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا

Innaa Lillaahi Wainnaa Ilaihi Raaji'uun, Allaahumma'jurnii Fii Musiibatii Waahliflii Khairan Minha

Artinya : "Sesungguhnya kita ini milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kita akan kembali. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya."

Sebagian ulama membaca :

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اَللَّهُمَّ آجِرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأخْلُفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا

Innaa Lillaahi Wainnaa Ilaihi Raaji'uun, Allaahumma Aajirnii Fii Musiibatii Wahluflii Khairan Minha

Artinya : "Sesungguhnya kita ini milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kita akan kembali. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya."

Sebagian lainnya lagi membaca:

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ آجِرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا

Innaa Lillaahi Wainnaa Ilaihi Raaji'uun, Allaahumma Aajirnii Fii Musiibatii Waahliflii Khairan Minha

Artinya : "Sesungguhnya kita ini milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kita akan kembali. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya."

Kumpulan doa terkena musibah diatas bersumber dari hadist hadits Rasulullah SAW, berikut bunyi haditsnya :

Dari Ummu Salamah Radhiyallahu 'Anha, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

مَا مِنْ عَبْدٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ فَيَقُولُ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أْجُرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا إِلاَّ أَجَرَهُ اللَّهُ فِى مُصِيبَتِهِ وَأَخْلَفَ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا قَالَتْ فَلَمَّا تُوُفِّىَ أَبُو سَلَمَةَ قُلْتُ كَمَا أَمَرَنِى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم فَأَخْلَفَ اللَّهُ لِى خَيْرًا مِنْهُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم

Artinya: "Tak seorang hamba (muslim) tertimpa musibah lalu ia berdoa: 'Sesungguhnya kita ini milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kita akan kembali. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya.' Ummu Salamah berkata: Saat Abu Salamah wafat, aku berdoa sebagaimana yang diperintahkan Rasulullah kepadaku, lalu Allah memberi ganti untukku yang lebih baik darinya, yakni Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam." (Muttafaq 'Alaih)

Demikianlah kumpulan bacaan doa ketika tertimpa musibah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jangan lupa untuk selalu berdoa ketika mendapat musibah besar dan kecil baik itu banjir, kecelakaan, kematian dan sehala macam musibah lainnya. Dengan begitu kita bisa berabar dan menerima semua ketentuan dari ALLAH SWT. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan