4 Doa Setelah Akad Nikah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Artikel kali ini akan dishare kumpulan doa setelah akad nikah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Islam selalu mengajarkan setiap pemeluknya untuk senantiasa berdoa memohonkan kebaikan kepada ALLAH SWT. Karena ALLAH SWT lah yang berkuasa mengatur urusan semua manusia.

Maka dari itulah dianjurkan berdoa disetiap kesempatan termasuk saat melangsungkan prosesi pernikahan. Dan yang dibagi kali ini adalah lafadz doa setelah akad nikah, yaitu bacaa doa yang dibaca tepat sesudah ijab qobul sebagai tanda sahnya seorang wanita dan laki laki menjadi suami istri. Disaat seperti inilah kita berdoa untuk kebaikan perkawinan agar keluarga dan rumah tangga kelak bahagia sakinah mawadah warohmah.

4 Doa Setelah Akad Nikah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Setelah akad nikah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menuntunkan kepada para suami, ketika mereka menikahi seorang wanita, tepat setelah akad nikah hendaklah mereka memegang ubun-ubunnya, membaca basmalah dan mendoakan keberkahan dan seraya berucap doa berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

ALLAHUMMA INNI AS’ALUKA MIN KHAIRIHA WA KHAIRI MA JABALTAHA ‘ALAIHI. WA A’UDZUBIKA MIN SYARRIHA WA SYARRI MA JABALTAHA ‘ALAIHI

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepadaMu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepadaMu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya”.

Doa diatas adalah doa untuk istri setelah akad nikah denan memegang ubun ubun istrinya. Selanjutnya adalah doa penghulu setelah akad nikah/ijab qobul, doa ini bisa sibaca siapa saja dan biasanya dibaca oleh para ulama dan orang sholeh yang hadir dalam acara pernikahan dan akad nikah.

Doa akad nikah in tentunya bisa bermacam macam dan dibolehkan berdoa dengan doa apa saja asalkan isinya adalah kebaikan dan ditujukan kepada ALLAH SWT dengan niat yang baik. Dan di kesempatan ini akan dibagi beberapa teks bacaan doa setelah akad nikah bagi pasangan suami istri yang insyaallah mustajab.

Tiga doa berikut ini dikutip dari kitab MAKARIM AL-AKHLAQ: 209. Bersumber dari salah seorang cucu Rasulullah saw yaitu Imam Ja’far Ash-Shadiq putera Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Al-Husein Ra cucu Rasulullah saw. Berikut ini teks bacaan doa setelah akad nikah lengkap tulisan arab, latin dan terjemahan Bahasa Indonesianya.

Doa Akad Nikah


اًللَّهُمَّ بِأَمَانَتِكَ أَخَذْتُهَا وَبِكَلِمَاتِكَ اِسْتَحْلَلْتُ فَرْجَهَا، فَإِنْ قَضَيْتَ لِي مِنْهَا وَلَدًا فَاجْعَلْهُ مُبَارَكًا سَوِيًّا وَلاَتَجْعَلْ لِلشَّيْطَانِ فِيْهِ شَرِيْكًا وَلاَنَصِيْبًا

Allaâhumma biamâanatika akhattuhâa, wa bikalimaâtika istahlaltu farjahâa, fain qadhayta lîi minhâa waladan faj'alhu mubâarakan syawiyyâa, walâa taj'al lissyaithâani fîihi syarîikan walâa nashibâ.

Artinya : "Ya Allah, dengan amanat-Mu kujadikan ia isteriku dan dengan kalimat-kalimat-Mu dihalalkan bagiku kehormatannya. Jika Kau tetapkan bagiku memiliki keturunan darinya, jadikan keturunanku keberkahan dan kemuliaan, dan jangan jadikan setan ikut serta dan mengambil bagian di dalamnya".

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي اَلْفَهَا وَوُدَّهَا وَرِضَاهَا بِي، وَاَرْضِنِي بِهَا، وَاجْمَعْ بَيْنَنَا بِأَحْسَنِ اِجْتِمَاعٍ وَاَيْسَرِ ائْتِلاَفٍ فَإِنَّكَ تُحِبُّ الْحَلاَلَ وَتُكْرِهُ الْحَرَامَ

Allâahummarzuqnîi alfahâa wa wuddahâa wa ridhâahâa bîi, wa ardhinîi bihâa, wajma' baynanâa biahsanijjtimâ'in wa aysari’ tilâafin, fainnaka tuhibbul halâala wa tukrihul harâam.

Artinya:"Ya Allah, karuniakan padaku kelembutan isteriku, kasih sayang dan ketulusannya, ridhai aku bersamanya. Himpunkan kami dalam rumah tangga yang paling baik, penuh kasih sayang dan kebahagiaan, sesungguhnya Engkau mencintai yang halal dan membenci yang haram".

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي وَلَدًا وَاجْعَلْهُ تَقِيًّا ذَكِيًّا لَيْسَ فِي خَلْقِهِ زِيَادَةٌ وَلاَنُقْصَانُ وَاجْعَلْ عَاقِبَتَهُ اِلَى خَيْر

Allâahummarzuqnîi waladan, waj'alhu taqiyyan dzakiyyan laysa fîi khalqihii ziyâadatun walâa nuqshân, waj'al 'âqiibatahuu ilâa khairin.

Artinya:"Ya Allah, karuniakan padaku keturunan, dan jadikan ia anak yang bertakwa dan cerdas, tidak ada kelebihan dan kekurangan dalam fisiknya, dan jadikan kesudahannya pada kebaikan".

Catatan: Untuk mendoakan orang lain, tinggal mengganti dhamir (kata ganti nama). Bagi yang belum bisa bhs arab, cukuplah merubah kata ganti nama dalam terjemahannya

Demikianlah teks bacaan doa setelah akad nikah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan/dibaca saat proses perkawinan setelah ijab qabul agar pernikahan penuh keberkahan. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan