Doa Untuk Suami Tercinta yang Sedang Bekerja Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas teks bacaan doa unntuk suami tercinta yang sedang bekerja lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya. Hendaknya doa ini dianjatkan oleh para istri agar suaminya lancar dan dimudahkan oleh ALLAH SWT dalam bekerja mencari nafkah. Karena perpaduan antara suami dan istri haruslah dijalin.

Dalam hal ini suamilah yang bekerja dan berusaha mencari rezeki. Sedangkan istrinya yang menjadi ibu rumah tangga berdoa untuk suami yang sedang mencari nafkah agar lancar, sukses, berkah dan maju usaha serta rezekinya. Insyaallah doa istri untuk suaminya sangat ampuh dan mustajab jika diniatkan dengan baik dan tulus ikhlas.

Doa Untuk Suami Tercinta yang Sedang Bekerja Arab, Latin dan Artinya
 
Karena yakinlah bahwa ALLAH SWT tidak akan menolak doa doa hambanya yang meminta dan memohon kepadanya. Hal ini seperti tercantum dalam dalil dalil Al-Quran dan hadits Nabi Muhammad SAW berikut ini :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina". (Surat Al Mukmin ayat 60)

Rasulullah bersabda,“Sesungguhnya, Allah mencintai orang yang bekerja.” (HR. al-Baihaqi). Dalam potongan Hadis lain Rasulullah juga bersabda, “Ingatlah, jika anak muda itu bekerja untuk kedua orang tuanya, atau salah satunya, maka dia ada di jalan Allah. Jika dia bekerja untuk keluarganya, dia ada di jalan Allah. Jika dia bekerja untuk dirinya, dia juga ada di jalan Allah.” (HR. al-Baihaqi).

“Sesungguhnya, Doa yang segera dikabulkan oleh Allah adalah Doa seorang (istri) kepada orang lain (suami) yang tidak berada di tempat yang sama (berjauhan).” (HR.Tirmidzi).

Melihat dalil diatas terutama yang menjelaskan bahwa doa istri untuk suami yang sedang bekerja sangatlah manjur dan mujarab. Maka mulai sekarang jangan lupa untuk merestui dan selalu tak henti hentinya mendoakan kelancaran dan kesuksesan rezeki bagi para suaminya yang keluar mencari nafkah bagi keluarga, istri dan anak anaknya.

Karena sesungguhya suami yang mencari nafkah dengan niat baik adalah jihad di jalan ALLAH SWT. Dan ciri ciri istri yang baik adalah selalu melayani dan mensupport suaminya salah satunya dalam bentuk doa untuk suami tercintanya.  Insyaallah ALLAH SWT mengabulkan dan memudahkan serta melancarkan rezeki dan pekerjaan suami.

Selain itu ia juga Patuh dan Taat kepada suami, Penuh kasih sayang, Berkhidmat atau melayani suami dengan baik, Menjaga rahasia suami, senantiasa berpenampilan menarik di hadapan suaminya, Pandai mensyukuri pemberian dan kebaikan suami, Bersegera memenuhi ajakan suami untuk memenuhi hasratnya, Melegakan hati suami bila di lihat, Amanah (Dapat di percaya) serta Mampu memberikan suasana teduh dan ketenangan berfikir bagi suaminya.

Lalu bagaimana hendaknya doa istri untuk suami yang sedang mencari nafkah, para istri bisa berdoa apa saja asalkan dengan isi dan maksud yang baik. ALLAH SWTmaha mendengar dan maha mengetahui hajat dan keinginan hambanya. Boleh saja tentunya dengan bahasa dan kata kata anda sendiri. Namun tentulah ada beberapa doa mustajab dan lebih afdhol dibaca misalnya doa yang berasal dari Al-Quran, hadist Nabi SAW dan doa para uama.

Dan di artikel ini akan di share beberapa doa untuk suami yang sedang bekerja jauh dalam mencari nafkah yang bisa diamalkan dan insyaaallah mustajab serta cepat dikabulkan oleh ALLAH SWT. Lalu bagaimana lafadz doanya, simak berikut ini kumpulan doa untuk suami tercinta yang sedang bekerja mencari nafkah lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Untuk Suami yang Sedang Mencari Nafkah


"Allaahummarzuqnii rizqan halaalan thayyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Allaahummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya, ‘inda kibari sinnii wanqithaa’i ‘umrii. Allaahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika. Wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka. Allaahumma in nii as-aluka rizqan waasi’an naafi’an. Allaahumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu, wa laa yazuulu."

Artinya : "Ya Allah, berilah rezeki yang halal dan baik dan pakaikanlah padaku segala kebaikan kepadaku. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu, rezeki ku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku rezeki yang halal dari-Mu daripada yang haram. Kayakanlah aku dari yang lain dengan karunia-Mu. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan yang berguna. Ya Allah, aku mohon pada-Mu nikmat yang kekal, yang tidak putus-putus, dan yang tidak akan hilang."

Doa istri untuk suami selanjutnya yang juga penting yaitu berusaha mendoakan agar suaminya tetap bekerja dalam ketakwaan dan mencari rezeki dari hal yang halal. Dengan ini sang istri mendoaka agar rizki yang didpatkan tetap berkah dan terhindar dari rejeki yang haram serta tidak berkah.

 زادك أن تتقي محارمه وتجتنب معاصيه

Artinya : “Semoga Allah membekalimu dengan ketakwaan yang akan membuatmu menjaga diri dari perkara-perkara yang diharamkan-Nya dan menjauhi perbuatan maksiat kepada-Nya.”

Doa untuk suami tersayang selanjutnya adalah dengan mendoakania terjaga dari hal hal buruk dan selalu dalam kebaikan, selalu dalam petunjuk ALLAH SWT, selalu dalam keselamatan dan tentunya mendapatkan limpahan rezeki dari ALLAH SWT. Salah satu doa yang bisa dibaca sebagai berikut :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي

“Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii.”

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.  (HR Muslim)

Membaca doa atau permohonan di atas merupakan salah satu hal yang mencakup kebaikan di dunia dan akhirat sebagaimana hadits berikut ini :

“Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan ketika aku ingin memohon pada Rabbku?” Beliau bersabda, “Katakanlah: Allahummaghfir lii, warhamnii, wa ‘aafinii, warzuqnii”, karena do’a ini telah mencakup dunia dan akhiratmu. (HR. Muslim no. 36 dan 2697).

Kemudian bisa juga sang istri membaca doa berikut ini sebagai tambahan agar suaminya sukses dan lancar serta berkah pekerjaannya. Serta mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan diterima niat baiknya dalam bekerja menafkasi istri dan anak anaknya.

للَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya:“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad).

Doa untuk suami dan anak ini dimaksudkan agar diberikan harta yang banyak dan anak anak yang sholeh sholehah serta mendapatkan keberkahan atas karunia ALLAH SWT tersebut.

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.”

Artinya:“Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

Lalu doa selanjutnya bisa dengan membaca doa dibawah ini yang intinya memohon rezeki yang halal dan dihindarkan dari rezeki atau penghasilan gaji yang haram.

اَللَّهُمَّ ياَ غَنِىُّ  ياَحَمِيْدُ  يَامُبْدِئُ  يَامُعِيْدُ  يَارَحِيْمُ  يَاوَدُوْدُ يَافَعَّالُ لِمَا يُرِ يْدُ اَغْنِنِىْ بِحَلاَ لِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Allahumma Yaa Ghoniyyu Yaa hamiid Yaa Mubdi’u Yaa Mu’iid Yaa Rohimu Yaa Waduud Yaa Fa’alu lima yuriid agnini bihalaalika, anharoomika wa bifadlika’amman siwaak.”

Artinya: “Ya Allah Tuhanku yang maha Kaya dan maha Terpuji, Tuhan yang menakdirkan dan yang mengembalikan, yang maha Kasih dan maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karuniaMU.”

Doa untuk suami selanjutnya adalah agar suami kita tetap didalam koridor ketakwaan dan dimudahkan dalam setiap langkahnya. Dengan begitu semua rezeki yang didapat akan penuh keberkahan dan bermanfaat bagi keluarga dan rumah tangga.

زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ  وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

“Zawwadakallahut taqwa wa ghofaro dzanbaka wa yassaro lakal khoiro haytsuma kunta

Artinya: Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosa-dosamu, dan memudahkanmu di mana saja engkau berada.”

Doa Istri Untuk Suami yang Akan Berangkat Bekerja


Selanjutnya adalah para istri hendaknya berdoa untuk suami berangkat kerja dengan doa doa yang baik diantaranya mendoakannya dan merestuinya agar tetap berpegang teguh dalam ajaran dan aturan agama islam. Dan berikut salah satu lafadz doa yang bisa dibaca.

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

“Astawdi’ullaha diinaka, wa  amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik

Artinya : Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah”.

Bisa juga melepas kepergian suami yang akan berangkat untuk bekerja dengan doa berikut ini :

عَنْ قَزَعَةَ قَالَ قَالَ لِى ابْنُ عُمَرَ هَلُمَّ أُوَدِّعْكَ كَمَا وَدَّعَنِى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Artinya : Dari Qoza’ah, dia berkata: Ibnu Umar –radhiyallahu’anhuma- berkata kepadaku, “Kemarilah, akan kulepas kepergianmu sebagaimana ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melepas kepergianku (yaitu dengan doa), ‘Astaudi’ullaha diinaka wa amaanataka wa khawaatima ‘amalik‘ (Aku titipkan kepada Allah pemeliharaan agamamu, amanatmu, dan akhir penutup amalmu).” (HR. Abu Dawud).

Demikianlah kumpulan teks bacaan doa untuk suami tercinta yang sedang bekerja lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah dengan membaca dan mangamalkan doa diatas, maka para suami akan lebih dimudahkan pekerjaan dan usahanya oleh ALLAH SWT atas berkat doa yang tulus dan ikhlas dari para istrinya. Wallahu a' lam.

Belum ada Komentar untuk "Doa Untuk Suami Tercinta yang Sedang Bekerja Arab, Latin dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel