Bacaan Doa Niat Puasa Sunnah Senin Kamis

Muslim Fiqih - Seperti yang kita tahu bahwa salah satu ibadah yang dianjurkan dan paling utama adalah puasa yang merupakan salah satu dari rukun islam. puasa sendiri ada yang berhukum wajib seperti puasa ramadhan dan ada yang sunnah salah satunya adalah puasa senin kamis yang memiliki banyak manfaat serta keutamaan. seperti yang kita tahu bahwa puasa berguna sebagai pengendali hawa nafsu dan tentu saja tambahan pahala bagi kita semua. seperti yang kita ketahui bahwa puasa senin kamis adalah amalan sunnah yang biasa dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW seperti yang tercantum secara jelas dalam hadist hadist beliau sebagai berikut ini . . .

Aisyah radhiyallahu ‘anha menceritakan,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالخَمِيسِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melakukan puasa di hari senin dan kamis. (HR. Turmudzi 745 dan dishahihkan Al-Albani)

Pertanyaannya adalah mengapa harus dilakukan pada hari senin dan kamis, mengapa tidak dikerjakan pada hari lain saja. hal ini dikarenakan hari senin dan kamis ternyata memiliki banyak sekali keistimewaan yang menjadikan baginda Rasulullah SAW berpuasa pada kedua hari tersebut. berikut ini beberapa hadits yang menjelaskan dasar puasa pada hari senin dan kamis . . .

Dari Abu Qatadah Al-Anshariy r.a beliau berkata, Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai (alasan) puasa hari senin, lantas beliau menjawab;

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

“Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu (pertama kali) untukku.” (HR. Muslim no. 1162)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747)

baca juga : bacaan surat Al Kahfi

Yang mesti kita ketahui adalah hukum dari puasa senin kamis adalah sunnah, sehigga jika dikerjakan mendapatkan pahala, sedangkan bila tidak dikerjakan maka tidaklah mengapa. namun alangkah baiknya kita selalu berusaha untuk menjalankan dan menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW. adapun tata cara pelaksanaannya tidak berbeda dan sama dengan puasa secara umum, hal hal yang membatalkannya pun sama. namun niatnya yang sedikit berbeda. untuk itu muslim fiqih akan menyertakan bacaan niat puasa senin dan kamis dalam teks/tulisan arab dan latin lengkap beserta terjemahan bahasa indonesianya, berikut ini lafadz niatnya . . .

Bacaan Doa Niat Puasa Sunnah Senin Kamis

Bacaan Doa Niat Puasa Sunnah Senin Kamis :

Niat Puasa Hari Senin Arab Latin dan Artinya


نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

Artinya :

Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Niat Puasa Hari Kamis Arab Latin dan Terjemahnya

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

Artinya :

Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Niatnya tidaklah susah bukan, bacaannya tidak terlalu susah dan insyaallah mudah dihafal oleh siapa saja. semoga dengan ini kita semua dijadikan orang yang selalu mudah dalam menjalankan puasa senin kamis. batas membaca doa niat puasa diatas adalah sebelum jatuh waktu subuh seperti membaca niat pada saat puasa di bulan ramadhan ramadhan. wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan