Bacaan Niat Puasa Nabi Daud Arab Latin dan Terjemah

Muslim Fiqih - Salah satu puasa yang afdhol dilakukan dan disunnahkan adalah puasa Nabi Daud. yah puasa ini memiliki keutamaan yang tinggi sebagai bukti ketaqwaan kita kepada ALLAH SWT. meski hukumnya sunnah, namun kita tetap dinjurkan menjalankan puasa daud jika mampu.

Puasa daud sendiri adalah puasa yang dilakukan bergonta ganti/selang seling yaitu sehari puasa dan sehari lagi tidak berpuasa. yaitu hari ini puasa, lalu keesokan harinya tidak, lalu keesokan harinya lagi berpuasa dan begitu seterusnya. sehingga memang cukup berat bagi kita untuk melksanakannya, namun alangkah indahnya jika kita mampu menjalankannya secara istiqomah karena selain menjalankan yang wajib, kita juga menjalankan sunnah sebagai tambahan pahala.

Baca juga : Surat Luqman

Mengenai tata cara pelaksanaan puasa daud tidak akan kita bahas secara detail disini, kita hanya akan fokus menshare lafadz dan bacaan niat puasa nabi daud dalam teks/tulisan arab dan latin lengkap disertai arti/terjemahan bahasa indonesianya . . .

Bacaan Niat Puasa Nabi Daud Arab Latin dan Terjemah

Bacaan Niat Puasa Nabi Daud Arab Latin dan Terjemah :

Niat Puasa Nabi Daud Tulisan Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Daud Teks Latin

NAWAITU SHAUMA DAAWUDA SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA

Arti Bahasa Indonesianya

Saya niat puasa daud, sunnah karena Allah Ta'ala

Adapun puasa Nabi Daud ini adalah salah satu puasa yang paling utama dan disukai oleh ALLAH SWT setelah puasa ramadhan, hal ini seperti tersebut dalam sebuah hadist Nabi SAW...

Hadist Keutamaan Puasa Nabi Daud

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya,

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari no. 1131).

Melihat bagaimana keutamaan puasa dawud diatas, maka sudah selayaknya kita umat islam berusaha menjalankannya semaksimal yang kita bisa. meski terbilang susah, insyaallah balasan yang kita dapatkan jauh lebih besar dari apa yang kita kerjakan dan kita anggap susah. sekian mengenai lafadz niat puasa Nabi Daud, smeoga bermanfaat dan menambah ilmu. wallau a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan