Nama Istri Nabi Muhammad SAW Lengkap

Nama Istri Nabi Muhammad SAW Lengkap - Nabi Muhammad SAW adalah makhuk paling sempurna di dunia, makhluk paling bagus akhlak dan budi pekertinya, ialah utusan dan kekasih ALLAH SWT. ia maksum terbebas dan dijaga dari segala dosa. intinya dalam segala hal Nabi Muhammad SAW lah yang terbaik dan tidak sebanding dengan siapapun. kepadanya lah kelak kita memohon syafat agar diberi jalan untuk masuk dalam syurga.

Wajib bagi kita meniru, meneladani, mengenal dan mencintai Nabi Muhammad SAW. salah satunya adalah dengan mengenali keluarga beliau terutama nama istri Rasulullah SAW yang merupakan ummul mukminin atau ibu dari orang orang beriman. mereka semua adalah wanita wanita mulia penghuni syurga dan panutan bagi kita. jadi buktikan cinta kita dengan mengenali nama nama istri Nabi Muhammad SAW.

Istri Rasulullah SAW sendiri berjumlah 11 yang kesemuanya adalah wanita wanita mulia dan suci serta memiliki kedudukan tinggi didunia dan akhirat kelak, makhluk paling sempurna seperti Nabi Muhammad SAW yang ALLAH SWT juga bersholawat kepadanya tidaklah mungkin atau mustahil menikahi seorang wanita atas dasar nafsunya. bahkan hampir kesemua istri Nabi SAW adalah janda, hanya Aisyah sajalah yang menikah dengan Nabi Muhammad SAW dalam keadaan masih gadis. kesemua pernikahannya adalah atas takdir ALLAH SWT dan mengandung banyak hikmah didalamnya.

Baca juga : Karya Karya Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad

So, bagi yang belum faham siapa saja perempuan perempuan yang mendampingi Rasulullah SAW sebagai istrinya. langsung saja berikut ini urutan nama nama istri Nabi Muhammad SAW lengkap beserta profil dan biografi singkatnya . . .

Nama Istri Nabi Muhammad SAW

Nama Istri Nabi Muhammad SAW :

1. Khadijah binti Khuwailid r.a. 


Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushai.adalah istri pertama Rasulullah SAW. Khadijah menikah dengan Rasulullah SAW pada saat ia berusia 40 tahun dan berstatys sebagai janda sedangkan Nabi Muhammad SAW pada saat itu berusia 25 tahun. melalui perikahannya dengan Khadijah ini Allah mengkaruniakannya 6 orang anak, yaitu Qasim, Abdullah, Zainab, Ruqaiah,Ummi Kultsum, dan Fatimah.

2. Saudah binti Zum’ah r.a. 


Saudah binti Zam'ah bin Qais bin Abdul Wad adalah istri kedua yang dinikahi Nabi Muhammad SAW setelah Khadijah. ketika menikah dengan Rasulullah SAW status Saudah binti Zum’ah juga janda.

3. Aisyah binti Abu Bakar r.a.


‘Aisyah adalah istri ketiga Rasulullah SAW. ia adalah putri dari Abu Bakar (khalifah pertama) yang juga sekaligus sahabat dekat Rasulullah, hasil dari pernikahan dengan isteri keduanya yaitu Ummi Ruman yang telah melahirkan Abd al Rahman dan Aisyah.

4. Hafshah binti Umar bin Khaththab r.a.


Hafshah binti Umar bin Khaththab bin Naf’al bin Abdul-Uzza adalah istri ke empat Nabi Muhammad SAW. ia adalah anak dari Umar bin Khattab yang merupakan khalifah ke 3 sekaligus sahabat dekat Rasulullah SAW.

5. Zainab binti Khuzaimah r.a.


Zainab binti Khuzaimah bin Haris bin Abdillah bin Amru adalah istri ke 5 Nabi Muhammad SAW. Dia adalah istri Rasulullah Saw kedua yang wafat setelah Khadijah r.a. Untuk memuliakan dan mengagungkannya, Rasulullah mengurus mayat Zainab dengan tangan dia sendiri. statusnya janda ketika menikah dengan Nabi SAW.


6. Ummu Salamah r.a.


Hindun bintu Abi Umayyah bin Al-Mughirah bin ‘Abdillah bin ‘Umar bin Makhzum bin Yaqzhah bin Murrah Al-Qurasyiyyah Al-Makhzumiyyah radhiyallahu ‘anha. Dia lebih dikenal dengan kunyahnya, Ummu Salamah. statusnya janda ketika menikah dengan Nabi Muhammad SAW.


7. Zainab binti Jahsy r.a. 


Istri ke 7 yang dinikahi Nabi SAW adalah Zainab binti Jahsy bin Ri’ab bin Ya’mar bin Sharah bin Murrah bin Kabir bin Gham bin Dauran bin Asad bin Khuzaimah. statusnya juga janda saat menikah dengan Nabi Muhammad SAW.


8. Juwairiyah binti al-Harits r.a.


Istri Rasulullah SAW selanjutnya adalah Juwairiyah binti al-Harits bin Dharar bin Habib bin 'A`idz bin Malik bin al-Mushthaliq bin Sa'id bin 'Amru bin Rabi'ah bin Haritsah bin Khuza'ah. ia meninggal di Madinah.

9. Ummu Habibah r.a. 


Istri selanjutnya adalah Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan Al-Qurasyiyyah. ia adalah putri pembesar suku quraisy Abu Sufyan. ia berada disamping suami tercinta hingga Rasulullah SAW wafat. statusnya saat menikah dengan Rasul SAW juga janda.


10. Shafiyyah binti Huyay al-Hilaliyah r.a.


Shafiyyah binti Huyay bin Akhtab bin Sa’yah bin Amir bin Ubaid bin Kaab bin al-Khazraj bin Habib bin Nadhir bin al-Kham bin Yakhurn adalah isti ke 11 Nabi Muhammad SAW dari bani nadhir. statusnya janda saat menikah dengan Nabi Muhammad SAW.

11. Maimunah binti Harits al-Hilaliyah r.a.


Maimunah binti Al Harits bin Huzm bin Ruwajibah bin Abdillah bin Hilal ‘Amir bin Sha’Sha’ah al Hilaliyah adalah istri terkahir Rasulullah SAW. ia adalah janda ketika menikah dengan Rasul SAW

Sekian mengenai daftar nama nama istri Nabi Muhammad SAW. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang ahlul bait / keluarga Rasulullah SAW. sudah sepatutnya kita hafal dan mengerti akan sejarah mereka para ummahatul mukminin. wallahu a'lam.

1 Reply so far - Add your comment

  1. جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا وَجَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء

    BalasHapus

Artikel Islam Pilihan