Teks Bacaan Bilal Sholat Jumat Lengkap

Bacaan Bilal Jumat - Kita sebagai umat islam tentu diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat jumat. pelaksanaan shalat jum'at sendiri harus sesuai dengan urutan dan tata caranya. adapun sebelum mengerjakan sholat jumat, terlebih dahulu kita akan mendengarkan khatib menyampaikan khutbah jumatnya. 

Dan pada proses itu, baik sebelum dan ditengah tengah khutbah ada hal menarik yaitu peran seorang bilal sebagai pengantar khutbah yang mengumandangkan bacaan doa, sholawat serta adzan. peran bilal disini sangatlah penting karena dialah yang berperang sebagai muadzin yang mengumandangkan adzan dan iqomah, lalu membaca doa singkat dan shalawat saat khatib selesai khutbah pertama.

Dan sesuai dengan judulnya, langsung saja berikut ini lafadz dan teks bacaan bilal sholat jumat lengkap dalam versi tulisan arab beserta arti/terjemahan bahasa indonesianya. bacaan dibawah ini sudah sesuai dengan urutan dan tata cara pelaksanaan sholat jumat . . .

bacaan bilal jumat

Bacaan Bilal Jumat


1. Bilal berdiri menghadap kiblat sambil membaca doa sebelum adzan. berikut doanya :

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلآ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ, وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ الْعَلِىِّ الْعَظِيْمِ, اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللهُ يَا كَرِيْمُ.

2. Mengumandangkan adzan jumat yang pertama. berikut Lafadz adzannya :

اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ, اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ
أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ, أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ
أَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ, أَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ, حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ
حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ, حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ
اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ
لآ اِلهَ اِلاَّ اللهُ

3. Melakukan sholat Qobliyah Jum’at sebanyak 2 rakaat.

4. Bilal berdiri di depan mimbar menghadap jama’ah sambil membawa tongkat kemudian mengucapkan :

يَامَعَاشِرَالْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَالْمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهِ، رُوِيَ عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّهٗ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِذَاقُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمْعَةِ اَنْصِتْ وَاْلاِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ. اَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللهُ, اَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللهُ, اَنْصِتُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

Artinya :

"Wahai golongan kaum muslim dan kaum mukmin, semoga Allah senantiasa memberikan rohmat-Nya kepada kamu sekalian. Diriwayatkan dari sahabat Abu Huraiarah ra., bahwasanya beliau berkata, Rosulullah SAW bersabda : ketika kamu berkata “ansit” kepada temanmu pada hari jum’at (sholat jum’at), sedangkan khotib sedang berkhutbah, maka kamu telah melakukan hal yang sia-sia. Barang siapa yang melakukan hal sia-sia, maka tidak ada jum’at baginya, maka perhatikan, dengarkan, dan ta’atilah, semoga Allah memberikan rohmat kepada kamu sekalian.”

 5. Imam naik ke mimbar, bilal memberikan tongkat dan membaca sholawat. berikut shalawat yang dibaca :

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ

6. Kemudian bilal mengahadap kepada para jamaah lagi dan membaca doa, berikut ini doanya :

اَللّهُمَّ قَوِّ اْلإِسْلاَمِ, مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ, وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ, َاْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ, وَيَسِّرْ هُمْ عَلَى مُعَانِدِ الدِّيْن,. وَاخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِالْخَيْرِ, وَيَاخَيْرَ النَّاصِرِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya :

"Ya Allah, kuatkanlah keislaman dan keimanan kaum muslimin (pria) dan muslimat (wanita), kaum mukminin (pria) dan mukminat (wanita), yang masih hidup dari mereka semua dan juga yang sudah meninggal, mudahkanlah mereka untuk mengokohkan agama, akhirilah (hidup) kami dari-Mu dengan kebaikan, wahai Tuhan sebaik-baik penolong, dengan rohmat-Mu wahai Tuhan yang Maha penyayang dari semua penyayang”

7. Lalu khotib mengucapkan salam dan duduk, kemudian bilal mengumandangkan adzan jumat yang kedua.

8. Diantara khutbah pertama dan kedua, ketika khatib sedang duduk bilal membaca sholawat lagi.

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ

9. Setelah khatib selesai membacakan khutbahnya, maka kemudian bilal mengumandangkan iqomah untuk selanjutnya ibadah shalat jumat dilaksanakan.

Itu tadi artikel tentang tata cara dan Teks Bacaan Bilal Sholat Jumat Lengkap beserta artinya sebagai pengantar khutbah. semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya para muadzin. wallahu a'lam.

1 Reply so far - Add your comment

  1. kok. beda beda doanya tiap masjid gan? bingung mau ngapalin yang mana.

    BalasHapus

Artikel Islam Pilihan