Doa dalam Perjalanan Jauh dan Ketika Bepergian (Safar)

Doa Perjalanan Jauh - Saat sedang bepergian atau safar, banyak hal yang dianjurkan untuk kita lakukan sebagai seorang muslim. Hal ini bertujuan agar perjalanan kita diberi keselamatan oleh ALLAH SWT dan terhindar dari segala bahaya. Salah satu yang dianjurkan seperti melakukan sholat sunnah sebelum pergi dan tentu saja membaca sebuah doa yang khusus dibaca saat kita akan pergi meninggalkan rumah dan akan melakukan perjalanan.

Mereka yang bepergian jauh biasa disebut dengan musafir. Tidak ada jaminan bagi musafir akan aman dan tanpa gangguan selama dalam perjalanannnya. Bahkan di era ekarang ini marak dimana mana kejahatan mengintai. Siapapun bisa menjadi korban kejahatan. Lalu kepada siapakah kita memohon perlindungan dan pertolongan dari semua gangguan tersebut. Tentu hanya kepada ALLAH SWT lah kita meminta, hanya ALLAH SWT lah yang bisa menjamin keselamatan kita, di tangannya lah nasib setiap makhluk ditentukan. Itulah kenapa kita harus selalu berdo'a dalam keadaan apapun termasuk saat dalam perjalanan.

Ada beberapa macam doa bepergian yang bisa dibaca. mulai doa pertama kali keluar dari rumah, lalu doa dalam perjalanan (doa safar), doa bagi orang yang ditinggal pergi dan doa agar diberi keselamatan saat dalam perjalanan. Anda bisa mengamalkannya saat sedang mudik atau liburan misalnya dimana jarak yang ditempuh cukup jauh. Namun do'a ini tak terbatas pada jarak yang jauh saja. Anda tetap dianjurkan membacanya meski pergi dengan jarak yang dekat.

doa dalam perjalanan jauh

Dan langsung saja berikut ini lafadz bacaan doa dalam perjalanan jauh menurut ajaran islam lengkap dalam teks bahasa arab, tulisan latin dan terjemahan indonesianya agar kita mengerti isi kandungannya.

Doa Bepergian Saat Akan Keluar Rumah

Pertama-tama baca doa ini saat akan keluar dari rumah kita :

بِسْمِ اللهِ آمَنْتُ بِاللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ وَ لاَ حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ. بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ, أَوْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ, أَوْ أُظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ, أَوْ أُجْهِلَ أَوْ أُجْهَلَ عَلَيَّ.

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku beriman kepada Allah, aku berserah diri kepada Allah, tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah dan dengan menyebut namaNya ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari perbuatan yang membuat aku tergelincir dalam suatu kesalahan atau aku digelincirkan orang lain, aku tersesat atau menyimpang dari kebenaran atau aku disesatkan, aku berbuat suatu kedzoliman atau aku didzolimi, aku berbuat suatu kebodohan atau aku dibodoh-bodohi.

Doa Dalam Perjalanan (Safar)

Doa ini dibaca saat kita akan melakukan perjalanan jauh ataupun dekat agar selamat sampai tujuan. Doa ini juga dibaca ketika anda naik kendaraan mobil, kereta, pesawat bahkan dengan berjalan kaki sekalipun. Berikut lafadz doanya :

 اللهُ أَكْبَرُ, اللهُ أَكْبَرُ, اللهُ أَكْبَرُ, (سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَـهُ مُقْرِنِيْنَ  وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ) الَلَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا البِرَّ وَالتَّقْوَى ،وَمِنَ العَمَلِ مَا تَرْضَى ،  الَلَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ،  الَلَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِيْ الأَهْلِ ،  الَلَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالأَهْلِ

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, ( Subhanalladzii sakhoro lanaa hadza wamaa kunna lahu muqriniin, wa inna ilaa rabbana lamunqalibuun). Allahumma inna nas aluka fii safarinaa hadzal birrow wattaqwa, waminal 'amali maa tardho. Allahumma hawwan 'alainaa safaronaa hadza wathwi 'annaa bu'dah. Allahumma Antashohibu fiissafari wal kholifatu fiil ahli. Allahumma inni a'udzubika min wa'taa issafari wa kaabatil mandzori wa suu ilmunqolabi fiil maali wal ahli -
Artinya : Allah Maha Besar (3X). Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, sedangkan sebelumnya kami tidak mampu. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami (di hari Kiamat). Ya, Allah! Sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam perjalanan ini, kami memohon perbuatan yang meridhokanMu. Ya Allah! Permudahlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah! Engkau-lah teman dalam bepergian dan yang mengurusi keluarga(ku). Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan perubahan yang jelek dalam harta dan keluarga.

Doa Musafir Untuk Orang yang Akan Ditinggalkan

Ucapkanlah doa ini kepada orang atau keluarga yang akan ditinggal pergi :

أَسْتَوْدِعُكُمُ اللهَ الَّذِيْ لَا تَضِيْعُ وَدَائِعَهُ

Artinya : Aku menitipkan kalian (seisi rumah) kepada Allah yang mana dialah dzat yang tidak menyia-nyiakan barang titipannya.

Doa Memohon Agar Diberi Keselamatan dan Kelancaran

Agar perjalanan anda lancar dan selamat mulai berangkat hingga pulang, maka bacalah doa dibawah ini. Doa ini adalah doa umum dimana barang siapa membacanya insyaallah akan terhindar dari berbagai macam bahaya dan keburukan. Bagi yang biasa membaca dan mengamalkan Ratib Al Haddad, maka tidak akan asing lagi dengan kalimat dzikir dibawah ini.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya : Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, niscaya tidak akan ada sesuatu pun yang memudharatkannya” (HR. Abu Daud & Tirmidzi)

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Artinya : Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya. niscaya tidak akan ada yang memudharatkannya” (HR. Tirmidzi & An Nasai)
Itulah bacaan doanya, tidak terlalu panjang dan usahakan istiqomah anda baca saat akan bepergian. Manfaat dan keutamaan membacanya sangat besar, selain keselamatan dan perlindungan dari ALLAH SWT, ada sebuah hadits yang menjelaskan keutamaan seorang musafir (orang yang sedang dalam perjalanan).

Nabi Muhamad SAW bersabda dalam haditsnya :

 ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ: دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ
Artinya : Tiga waktu diijabahnya do’a yaitu do’a orang yang terzholimi, do’a seorang musafir, dan do’a orang tua pada anaknya. (HR. Ahmad)
Demikian artikel tentang Bacaan Doa dalam Perjalanan Jauh dan Ketika Bepergian (Safar) agar diberi keselamatan dan kelancaran lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jangan lupa berdoa karena doa kita termasuk doa mustajab dan mudah dikabulkan oleh ALLAH SWT. Sekian dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan