Doa Istinja Setelah Buang Air Besar dan Kecil Lengkap Beserta artinya

Topik kali ini adalah mengenai bacaan doa istinja. Yaitu doa yang dianjurkan untuk dibaca saat kita cebok/bersuci setelah buang air besar (berak) dan buang air kecil (kencing). Inilah apa yang islam ajarkan, dalam hal apapun ada doanya karena kita dianjurkan selalu menggantungkan segalanya hanya kepada ALLAH SWT.

Bersuci sendiri wajib dalam islam agar kita sah dalam melakukan berbagai aktifitas ibadah. Yaitu suci dari hadast besar dan hadats kecil. Maka dari itu setelah kita selesai kencing dan berak, tentu haruslah kita beristinja'/cebok dan membersihkan qubul dan dubur. Hal ini agar kotoran kotoran najis yang ada pada tubuh kita hilang. Tidak sampai disitu, islam mengajarkan bahwa dalam istinjak ada bacaan do'anya.

Jadi saat masuk kamar mandi/WC, lalu membuang hajat dan pada melakukan istinja, bacalah doa ini. Doanya tidaklah panjang dan mudah untuk menghafalnya. Untuk itu tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengamalkannya ketika setelah selesai buang air besar dan kecil.

doa istinja
 
Dan berikut ini teks bacaan doa istinja lengkap dalam lafadz bahasa arab, tulisan latin dan terjemahan Indonesianya.

Doa Istinja


اَللهُمَّ طَهِّرُ قَلْبِىْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْخِىْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Allaahumma thahhir qolbii minan nifaaqi wa hashshin fajrii minal fawaahisyi

Artinya : Wahai Tuhanku, sucikanlah hatiku dari sifat kepura-puraan (munafiq) serta peliharalah kemaluanku dari perbuatan keji.

Sekian artikel tentang bacaan doa istinja setelah buang air besar dan kecil kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membiasakan membaca doa ini ketika beristinja. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan