Doa Nabi Ibrahim dalam Al Quran yang Mustajab

Nabi Ibrahim sering berdoa dan memohon kebaikan kepada ALLAH SWT, beberapa doa Nabi Ibrahim pun bisa dilihat dalam beberapa ayat dalam Al Quran. Nah, semua bacaan doa ini bisa kita amalkan setiap harinya karena isinya mencakup berbagai hal sekaligus mulai memohon anak dan keturunan yang shaleh, kebaikan bangsa hingga kelapangan rezeki.

Nabi Ibrahim sendiri termasuk dalam rasul ulul azmi yang memiliki kedudukan tersendiri. Doa doanya selalu dikabulkan termasuk saat memohon kepada ALLAH SWT agar terhindar dari api, waktu itu Nabi Ibrahim mengucapkan "hasbunallah wanikmal wakil" yang artinya "cukuplah ALLAH SWT sebagai penolong dan pelindung". Akhirnya dengan izin ALLAH SWT Nabi Ibrahim lolos dan tidak terbakar.

Doa Nabi Ibrahim

Insyaallah semua doa dibawah ini sangat ampuh karena juga diambil dari Al-Quran. Anda bisa membacanya kapan saja dan tidak ada tata cara khusus, bisa sehabis sholat atau di waktu luang anda. Dan berikut ini kumpulan bacaan doa Nabi Ibrahim dalam Al-Quran yang mustajab lengkap lafadz arab dan terjemahan indonesianya.

Doa Nabi Ibrahim tentang shalat


رَّبَّنَا إِنِّي أَسْكَنتُ مِن ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِندَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُم مِّنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ [١٤:٣٧]

Artinya : Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur. (Ibrahim ayat 37)

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya : Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (Q.S Ibrahim : 40)

Doa mohon anak yang sholeh


رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Artinya : Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh (As-Saffat : 100)

Doa untuk kebaikan bangsa dan negara


وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا بَلَدًا آَمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آَمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآَخِر

Artinya : Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: “Wahai Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian. (al-Baqarah: 126)

Doa untuk anak cucu dan keturunan agar jauh dari kemusyrikan


وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الْأَصْنَامَ

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.  (Q.S Ibrahim : 35)

Itulah kumpulan Doa Nabi Ibrahim dalam Al Quran yang Mustajab beserta bahasa arab dan artinya. Semua doa tersebut sangatlah mustajab karena merupakan doa seorang Nabi dan bahkan diabadikan oleh ALLAH SWT dalam Al-Quran. Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan