Doa Nabi Yunus Dalam Perut Ikan Paus Beserta Manfaat dan Artinya

Doa Nabi Yunus Dalam Perut Ikan Paus Beserta Manfaat dan Artinya - Doa Nabi Yunus ini sangat pendek dan mudah dihafal. Bahkan sudah umum digunakan sebagai bacaan dzikir dan wirid oleh umat islam. Isinya penuh dengan makna dan doa ini sangat mustajab insyaallah. Doa ini dibaca Nabi Yunus ketika berada dalam perut ikan paus. Semua kisah dan sejarah do'a yang juga disebut dengan nama dzun nuun ini bisa dilihat di kitab suci Al Quran surat Al Anbiya ayat 87 sampai 88. Semuanya akan diulas mulai bacaan doanya, manfaat serta artinya.

Nabi Yunus sendiri ketika itu berada di posisi yang mengharuskan dirinya terlempar dari kapal yang ditumpanginya, kemudian selanjutnya datanglah ikan yang menelan Nabi Yunus. Nabi Yunus pun berada didalam perut ikan tersebut. Kemudian beliau berdoa, bermunajat dan memohon ampun kepada ALLAH SWT selama 40 hari dengan sebuah doa yang kemudian doa Nabi Yunus itu dikabulkan oleh ALLAH SWT sehigga Nabi Yunus bisa keluar dan terbebas dari perut ikan paus tersebut.

Untuk lebih jelasnya, simak dibawah ini teks bacaan doa Nabi Yunus dalam perut ikan lengkap lafadz bahasa arab, tulisan latin dan terjemah indonesianya. Dijelaskan pula tentang manfaat do'a ini dan tata cara mengamalkannya.

doa Nabi Yunus

Doa Nabi Yunus


لاَ إِ لهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحنَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّا لِمِيْنَ

Laa ilaaha illa anta. Subhaanaka, innii kuntu minaz zhaalimiin

Artinya : Tiada Tuhan melainkan Engkau (ya Allah), Maha Suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah termasuk dalam golongan orang-orang yang dzalim. (QS Al-Anbiya : 87)

Tercantum Dalam Al Quran

Semua penjelasan tentang doa Nabi Yunus hingga dikabulkan oeh ALLAH SWT ini bisa dilihat dalam Al-Qu'an surat Al Anbiya ayat 87 dan 88. Berikut ini firman ALLAH SWT yang dimaksud :

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (٨٧) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (٨٨

Artinya : Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam Keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), Maka ia menyeru dalam Keadaan yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah Termasuk orang-orang yang zalim." Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. dan Demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman. (QS. Al-Anbiyaa' : 87-88).

Manfaat dan keutamaannya

Berdoa kepada ALLAH SWT dengan doa yang baik pasti akan mendatangkan manfaat yang besar bagi kita. Apalagi ini adalah doa Nabi Yunus AS yang tercantum dalam Al-Quran. Banyak sekali keutamaan ketika kita mengamalkannya, beberapa diantaranya adalah :
  • Mengabulkan hajat hajat kita.
  • Memudahkan proses persalinan.
  • Menghilangkan segala kesulitan
  • Memohon ampun dan taubat kepada ALLAH SWT 
Juga dikatakan dalam sebuah hadits bahwa barang siapa membaca doa ini saat sakit sebanyak 40 kali, maka saat ia meninggal dianggap mati syahid dan jika sembuh maka semua dosanya diampuni oleh ALLAH SWT. Benar benar sebuah doa yang luar biasa besar manfaatnya. Singkat dan mudah diucap tapi manfaatnya tak terhingga.

Rasulullah SAW juga bersabda, “Siapa pun orang Islam yang membaca doa itu saat sedang sakit sebanyak 40 kali lalu dia mati, maka dia diberi pahalanya orang yang mati syahid. Apabila dia sembuh maka dosa-dosanya terampuni.” (HR.Al-Hakim)

Itulah penjelasan tentang bacaan doa Nabi Yunus dalam perut ikan paus lengkap beserta manfaat dan artinya. Doa diatas bisa dibaca kapan saja, tidak ada kewajiban menggunakan cara khusus dalam mengamalkannya. Bisa dijadikan dzikir harian anda dan niatkan untuk mencari ridho dan rahmat ALLAH SWT. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan