Doa Sebelum Menghadapi Ujian, Tes, Ulangan Agar Lulus dan Nilai Bagus

Kali ini akan dibahas tentang bacaan doa sebelum menghadapi ujian, tes, ulangan agar lulus dan mendapat nilai bagus lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya. Amalkan dan bacalah doa ini ketika anda akan mengikuti ujian baik itu ujian nasional sekolah, semester akhir, skripsi kuliah dan berbagai ujian lain. Insyaallah anda akan diberi kemudahan dan kelancaran oleh ALLAH SWT dalam mengerjakan berbagai soal ujian yang sulit sekalipun.

Meski begitu jangan lupa juga utuk tetap belajar dan berusaha, karena berdoa tanpa belajar akan sama saja dan sia sia. Sebaliknya belajar saja tanpa berdoa memohon kepada ALLAH SWT juga akan sia sia. Jangan lupa juga untuk meminta doa agar lulus tes dan ujian pada kedua orang tua kita. Doa Ibu Bapak kita sangatlah ampuh dan mustajab.

Doa Sebelum Menghadapi Ujian, Tes, Ulangan Agar Lulus dan Nilai Bagus

Jika semua usaha usaha mulai belajar dengan giat, minta didoakan orang tua hingga berdoa sebelum ujian sudah kita lakukan. Maka selanjutnya tinggal tawakkal dan memasrahkan hasilnya kepada ALLAH SWT. Apapun hasil ujian dan ulangan yang kita dapatkan, yakinlah itu adalah yang terbaik untuk kita. ALLAH SWT selalu punya rencana yang terbaik untuk hamba hambanya.

Nah, lalu bagaimana doa menghadapi ujian yang mustajab dan ampuh agar lulus dan lancar? Simak berikut ini kumpulan teks bacaan doa sebelum menghadapi ujian , ulangan dan tes agar lulus sempurna dan mendapat nilai bagus. Kami sajikan lafadz doanya dalam tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Menghadapi Ujian Nasional, Sekolah, Skripsi Agar Lancar


 رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Rabbisy syrahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii.”

Artinya : “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (Doa Nabi Musa AS dalam Surat Thaahaa : 25-28)

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan.”

Artinya : “Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.”

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

“Rabbi zidnii ‘ilmaa.”

Artinya :“Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS Thaahaa : 114).

Demikianlah teks bacaan doa sebelum menghadapi ujian sekolah, tes skripsi, ulangan agar lulus dan nilai bagus lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jadi mulai sekarang selain belajar dengan giat dan tekun, jangan lupakan juga untuk berdoa agar kita dimudahkan dan dapat nilai ujian bagus serta lulus dengan baik. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan