Doa Ketika Bersin dan Doa Ketika Mendengar Orang Lain Bersin

Kali ini akan dishare mengenai teks bacaan doa ketika bersin dan juga doa ketika mendengar orang lain bersin lengkap dalam tulisan bahasa arab, latin dan terjemahannya. Dalam islam sendiri memang diajarkan segala halnya secara detail, bahkan saat kita sedang bersin sekalipun dianjurkan untuk berdoa.

Doa Ketika Bersin dan Doa Ketika Mendengar Orang Lain Bersin
 
Bersin sendiri adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Besin juga merupakan sebuah nikmat, untuk itulah kita dianjurkan berdoa jika bersin serta mendoakan orang lain yang bersin saat kita mendengar orang tersebut bersin.

Selain itu ada juga adab adab bersin yang dianjurkan untuk dilakukan, beginilah agama islam megatur hambanya, semuanya lengkap dan ada tuntunannya berdasarkan sunnah sunnah Nabi Muhammad SAW.

Diantara adab adab ketika bersin adalah meletakkan tangan atau baju ke mulut saat sedang bersin, mengecilkan suara saat bersin, memuji ALLAH SWT saat bersin dan tentu saja berdoa saat bersin. Nah, lalu bagaimanakah doa bersin sesuai sunnah Rasulullah SAW yang benar?

Lagsung saja untuk lebih jelasnya berikut ini kumpulan bacaan doa ketika bersin dan doa saat mendengar orang lain bersin lengkap lafadz arab, latin dan arti bahasa Indonesianya.

Doa Ketika Bersin Sesuai Sunnah


 اَلْحَمْدُ ِللهِ

Alhamdulillaah

Artinya : "Segala Puji Bagi Allah"


Itulah doa ketika kita sedang bersin, sangat singkat dan cukup mengucap kalimat "hamdalah"saja, namun tidak cukup hanya sampai disitu, hendaknya kita juga berdoa ketika kita mendengar orang lain bersin. Berikut ini bacaan doanya :

Doa Mendengar Orang Lain Bersin


يَرْحَمُكَ اللهُ

Yarhamukalloh

Artinya : "Semoga Allah memberi rahmat kepadamu"

Hal ini berdasarkan pada hadits berikut ini :

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Jika salah seorang dari kalian bersin dan memuji Allah, maka wajib atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mengucapkan tasymit (yarhamukalloh) …” (Hadits shohih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 6226 dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Jika orang lain mengucapkan doa diatas, lalu kita membalas dengan doa dibawah ini, doa ini merupakan doa kedua atau doa sebagai jawaban kepada orang yang mendoakan kita.

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً

Yahdiikumulloh wa yaslihu balakum

Artinya : "Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu"

Jadi jika disimpulkan, maka saat ada yang bersin, maka orang tersebut dianjurkan membaca "hamdalah", kemudian orang lain yang mendengarnya dianjurkan mengucapkan "yarhamukallah", setelah itu dibalas lagi oleh orang yang bersin dengan doa "Yahdiikumulloh wa yaslihu balakum". Jadi saling membalas dan saling mendoakan satu sama lainnya.

Semua doa doa bersin diatas berdasarkan pada hadist hadits Nabi Muhammad SAW, diantaranya adalah hadist berikut ini :

“Jika salah seorang di antara kalian bersin, hendaklah ia mengucapkan Alhamdulillah, jika ia mengatakannya maka hendaklah saudaranya atau temannya membalas: yarhamukalloh (semoga Allah merahmatimu). Dan jika temannya berkata yarhamukallah, maka ucapkanlah: yahdikumulloh wa yushlihu baalakum (semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki keadaanmu).” (Hadits shohih. Diriwayatkan oleh al-Bukhori, no. 6224 dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Demikianlah teks bacaan doa ketika bersin dan doa ketika mendengar orang lain bersin lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bisa bermanfaat dan terus secara istiqomah diamalkan agar kita meneladani sunnah sunnah Rasululah SAW. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan