Doa Masuk Pasar Sesuai Sunnah Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Artikel ini akan mengulas teks bacaan doa masuk pasar sesuai sunnah lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya. Hendaknya lafadz doa ini dibaca ketika kita memasuki pasar, mall atau tempat tepat keramaian dan pusat perbelanjaan lainnya.

Pasar sendiri adalah tempat orang untuk bertransaksi dan jual beli, didalamnya terdapat segala macam kebutuhan manusia. Mau tidak mau pastilah kita berinteraksi dengan pasar karena kebutuhan kita tersedia di pasar. Proses jual beli pun terjadi didalamnya.

Doa Masuk Pasar Sesuai Sunnah Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Namun agama islam mengajarkan bahwa saat kita memasuki pasar ada beberapa adab yang sebaiknya kita lakukan dan diantaranya adalah berdoa ketika masuk pasar. Inilah ajaran agama islam yang sebaiknya kita terapkan saat memasuki pasar atau pusat perbelanjaan lainnya dimana didalamnya terdapat aktifitas jual beli. Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut :

“Tempat yang paling baik adalah masjid. Sedangkan tempat yang paling buruk adalah pasar”. (HR Ibnu Hibban no 1599)

Diserupakan pasar sebagai tempat yang buruk adalah karena banyaknya kebatilan yang terjadi di sana, misalnya: berbuat curang, penipuan, dusta, sumpah palsu, akad batil, menjual sesuatu yang sudah dipesan orang lain, membeli barang yang sudah ditawar orang lain, mengurangi takaran dan timbangan, ikhtilath, dan kebatilan lainnya.

Pasar adalah tempat dimana setan bisa dengan mudah menghasut manusia didalamnya, karena didalamnya penuh dengan aktifitas yang berisi hal hal keduniaan, maka manusia cenderung lupa dan lali kepada ALLAH SWT. Mereka asik dengan urusan dunia, belum lagi segala hal hal curang berpotensi terjadi didalam pasar.

Maka dari itu bagi ibu ibu atau siapapun yang sering keluar masuk pasar atau mall untuk berbelanja, atau bagi para penjual dan pedagang dipasar, jangan lupa untuk selalu memohon perlindungan kepada ALLAH SWT dengan membaca doa masuk pasar.

Lalu bagaimanakah bacaan doa masuk pasar yang shahih dan sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW? Simak berikut ini lafadz doa masuk pasar sesuai sunnah lengkap tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Masuk Pasar


 لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariikalahu, lahul mulku walahul hamdu, yuhyii, wayumiitu, wahuwa Hayyun laa yamuutu, biyadihil khairu, wahuwa ‘alaa kulli syai-in qodiir

Artinya: "Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Doa masuk pasar diatas adalah doa yang shahih sesuai sunnah Rasulullah SAW. Dari Umar bin al-Khathab radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut :

مَنْ دَخَلَ السُّوقَ فَقَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ كَتَبَ اللَّهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ وَرَفَعَ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ دَرَجَةٍ

Artinya:“Barangsiapa masuk pasar lalu ia mengucapkan, “Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu,” niscaya Allah menuliskan baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta kejelekan serta mengangkat derajatnya hingga sejuta derajat”." ( HR. At-Tirmidzi no. 3350, Ibnu Majah no. 2226, Al-Hakim no. 1930. )
 
Dalam riwayat lain Rasulullah SAW membaca doa masuk pasar berikut ini :

باسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إنِّي أسألُكَ خَيْرَ هَذِهِ السُّوقِ وَخَيْرَ ما فِيها وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّها وَشَرّ مَا فِيهَا اللَّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ أنْ أُصِيبَ فِيْهَا يَمِيْناً فاجِرَةً أوْ صَفْقَةً خَاسِرَةً

Bismillâh allâhumma innî as-aluka khaira hâdzihi-s-sûqi wa khaira mâ fîhâ wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarri mâ fîhâ. Allâhumma innî a‘ûdzubika an ushîba fîhâ yamînan fâjiratan au shafqatan khâsiratan

Artinya : Dengan nama Allah, ya Allah, aku memohon kebaikan dari pasar ini dan kebaikan dari apa yang ada di dalamnya. Aku berlindung dari keburukan pasar ini dan keburukan apa yang ada di dalamnya. Ya Allah, aku berlindung dari sumpah palsu dan transaksi yang merugikan.

Demikianlah teks bacaan doa masuk pasar sesuai sunnah yang shahih lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jangan lupa untuk selalu mengamalkan dan membaca doa ketika masuk pasar, mall atau pusat pusat perbelanjaan dan keramaian lainnya dimana didalamnya terdapat aktifitas jual beli. Insyaallah kita akan terhindar dari hal hal buruk dan kelalaian terhadap ALLAH SWT. Wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan