5 Rukun Islam Beserta Makna dan Pengertiannya

5 Rukun Islam Beserta Makna dan Pengertiannya Rukun islam merupakan pokok ajaran agama islam dan wajib hukumnya bagi seorang muslim untuk mengetahui dan menjalankan serta mengamalkan ke lima pokok pokok ajaran islam seperti tertera dalam rukun islam sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah SWT. rukun islam adalah pondasi utama dan dasar kehidupan bagi seorang muslim seperti yang tertuang dalam hadist jibril. dibawah ini merupakan pengertian dan penjelasan mengenai urutan lima rukun islam lengkap beserta maknanya, . . .

Baca juga : rukun iman

5 Rukun Islam Beserta Makna dan Pengertiannya

5 Rukun Islam Beserta Makna dan Pengertiannya :

5 Rukun Islam :


1. Syahadat


2. Shalat


3. Zakat


4. Puasa


5. Haji


Pengertian dan Makna Rukun Islam :

Syahadat


Mengucap 2 kalimat syahadat yang berarti "saya bersaksi bahwa tiada tuhan yang patut disembah selain Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT", mengandung makna diucapkan dengan lisan dan mengimaninya dengan hati serta mengamalkannya melalui perbuatan.


Shalat

Menjalankan sholat 5 waktu yaitu shubuh, dhuhur, ashar, maghrib, isyak sebagaimana yang diperintahkan dalam rukun islam ke dua. wajib hukumnya bagi seorang muslim untuk menunaikan sholat 5 waktu sebagai sarana bermunajat dan berdoa kepada Allah SWT.


Zakat

Allah telah memerintahkan setiap muslim yang memiliki harta mencapai nisab untuk mengeluarkan zakat hartanya setiap tahun. Ia berikan kepada yang berhak menerima dari kalangan fakir serta selain mereka yang zakat boleh diserahkan kepada mereka sebagaimana telah diterangkan dalam Al Qur’an.

Nishab emas sebanyak 20 mitsqal. Nishab perak sebanyak 200 dirham atau mata uang kertas yang senilai itu. Barang-barang dagangan dengan segala macam jika nilainya telah mencapai nishab wajib pemiliknya mengeluarkan zakatnya manakala telah berlalu setahun. Nishab biji-bijian dan buah-buahan 300 sha’. Rumah siap jual dikeluarkan zakat nilainya. Sedang rumah siap sewa saja dikeluarkan zakat upahnya. Kadar zakat pada emas, perak dan barang-barang dagangan 2,5 % setiap tahunnya. Pada biji-bijian dan buah-buahan 10 % dari yang diairi tanpa kesulitan seperti yang diairi dengan air sungai, mata air yang mengalir atau hujan. Sedang 5 % pada biji-bijian yang diairi dengan susah seperti yang diairi dengan alat penimba air.

Di antara manfaat mengeluarkan zakat menghibur jiwa orang-orang fakir dan menutupi kebutuhan mereka serta menguatkan ikatan cinta antara mereka dan orang kaya.


Puasa

Puasa satu bulan penuh di bulan ramadhan, yaitu bulan ke 9 dari bulan hijriyah, menjalankan ibadah puasa di bulan romadhon wajib hukumnya bagi seorang muslim sebagaiana diperintahkan Allah dalam rukun islam ke 3. terdapat banyak manfaat yang didapat seorang muslim saat menjalankan puasa ramadhan, selain mendapatkan pahala yang berlipat lipat, juga sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai sang pencipta.


Haji


Menunaikan ibadah haji ke baitullah mekkah sekali seumur hidup bagi yang mampu, untuk haji selanjutnya maka sunnah. sangat dianjurkan menunaikan ibadah haji sebagai bentuk sempurnanya iman kita kepada Allah SWT. sehingga jika memiliki kemampuan baik harta dan tenaga, maka akan lebih utama untuk segera berangkat dan tidak menunda nunda menunaikan ibadah haji.


Nah, itu tadi penjelasan mengenai  urutan 5 rukun islam beserta pengertian dan maknanya lengkap, diwajibkan bagi kita seorang muslim untuk mengamalkan kelima rukun islam diatas. semoga bermanfaat bagi kita semua. wallahu a'lam.

3 Replies so far - Add your comment

  1. mAnfaat ga ane izi shAre kembAli

    BalasHapus
  2. Anonim16/6/16

    Puasa dulu apa zakat dulu yaa?#?

    BalasHapus
  3. Mohon ijin copy..
    Sngt brmnfaat..
    Trmksh..

    BalasHapus

Artikel Islam Pilihan