6 Rukun Iman dan Penjelasannya

Muslim Fiqih - Rukun iman adalah salah satu dasar dalam agama islam yang didasarkan dari Al-Qur'an dan hadist jibril. rukun iman ada 6 dan setiap muslim wajib mengetahui dan mengimani ke enam rukun iman tersebut. rukun iman tersebut menjadi landasan dasar setiap orang mukmin yang direalisasikan lewat lisan dan tindakan sehari harinya.

Definisi Iman secara bahasa berarti tashdiq (membenarkan). Sedangkan secara istilah syar’i, iman adalah "Keyakinan dalam hati, Perkataan di lisan, amalan dengan anggota badan, bertambah dengan melakukan ketaatan dan berkurang dengan maksiat". Para ulama salaf menjadikan amal termasuk unsur keimanan. Oleh sebab itu iman bisa bertambah dan berkurang, sebagaimana amal juga bertambah dan berkurang". Ini adalah definisi menurut Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad dan berbagai ulama lainnya.

Baca juga : rukun islam

Beritahukan kepadaku tentang Iman”. Nabi menjawab, ”Iman adalah, engkau beriman kepada Allah; malaikatNya; kitab-kitabNya; para rasulNya; hari Akhir, dan beriman kepada takdir Allah yang baik dan yang buruk,” ia berkata, “Engkau benar.” ...Kemudian lelaki tersebut segera pergi. Aku pun terdiam, sehingga nabi bertanya kepadaku: “Wahai, Umar! Tahukah engkau, siapa yang bertanya tadi?” Aku menjawab, ”Allah dan rasulNya lebih mengetahui,” Dia bersabda, ”Dia adalah Jibril yang mengajarkan kalian tentang agama kalian.”"— HR Muslim, no. 8

Berikut ini kami sajikan 6 rukun iman lengkap beserta pengertian, makna dan penjelasannya, . . .

6 Rukun Iman


أركان الإيمان ستة: أن تؤمن بالله ، وملائكته، وكتبه ، وباليوم الآخر ، وبالقدر خيره وشره من الله تعالى


1. Iman kepada ALLAH SWT

2. Iman kepada Malaikat-malaikat ALLAH SWT

3. Iman Kepada Kitab-kitab ALLAH SWT

4. Iman Kepada Rasul-rasul ALLAH SWT

5. Iman kepada hari Akhir/Kiamat

6. Iman kepada Qada dan Qadar

Penjelasan Rukun Iman :

1. Iman kepada ALLAH SWT

Yaitu meyakini bahwa Allah SWT ada, tidak ada permulaan bagi ada-Nya. Allah SWT tidak menyerupai sesuatupun dari makhluk-Nya. Allah SWT memiliki al Matsal al A’la yakni sifat-sifat yang tidak menyerupai sifat-sifat makhluk-Nya. Allah SWT lah yang mengatur dan menciptakan seluruh alam semesta Serta meyakini bahwa satu-satunya yang berhak disembah hanyalah Allah SWT. tidak ada sesembahan lain selain Allah SWT.

2. Iman kepada Malaikat-malaikat ALLAH SWT

Wajib beriman dengan adanya para malaikat, mareka adalah makhluk ciptaa Allah SWT yang taat dan patuh pada perintah Allah SWT. malaikat terbuat dari cahaya dan tidak memiliki nafsu sehingga selalu tunduk dan patuh pada Allah SWT dan selalu mengerjakan perintahnya. 

"Mereka (para malaikat) tidak pernah membangkang terhadap apa yang diperintahkan Allah dan mereka senantiasa melakukan apa yang diperintahkan" (Q.S. at Tahrim:6)

Setiap malaikat memiliki tugas masing masing. dari sekian banyak malaikat dengan tugasnya masing masing. kita diwajibkan mengetahui dan mengenal 10 malaikat saja. baca : 10 nama malaikat beserta tugasnya.

3. Iman Kepada Kitab-kitab ALLAH SWT

Yaitu mengimani bahwa Allah SWT menurunkan kitab-kitabnya di antaranya adalah Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qur’an. sedangkan Al-Qur'an adalah kitab terakhir sekaligus pembaru dan sebagai penghapus hukum dari kitab kitab sebelumnya.

4. Iman Kepada Rasul-rasul ALLAH SWT

Wajib beriman kepada utusan Allah SWT yaitu para nabi dan rasul. para nabi dan rasul diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyampaikan wahyu kepada manusia. kita wajib mengimani akan benarnya wahyu tersebut langsung berasal dari Allah SWT. terdapat banyak sekali nabi dan rasul utusan Allah SWT, namun kita diwajibkan mengenal dan mengetahui 25 saja. pembuka para nabi dan rasul adalah nabi adam sedangkan penutup para nabi dan rasul adalah nabi kita semua Muhammad SAW.

5. Iman kepada hari Akhir

Mengimani bahwa Allah akan mengembalikan hamba-Nya yang sudah mati ke suatu kehidupan yang kekal, tidak ada kematian setelahnya. Hari kehidupan kembali ini adalah hari pembalasan atas segala perbuatan masing-masing manusia di dunia. mengimani terjadinya hari kiamat, mengimani adanya alam barzakh serta dikumpulkannya seluruh manusia untuk dibangkitkan kembali di padang mashyar. mengimani adanya hisab, mizan hingga selanjutnya berakhir di surga atau neraka.

6. Iman kepada Qada dan Qadar

Mengimani bahwa segala hal baik dan buruk yang terjadi semuanya adalah berasal dari Allah SWT. mengimani bahwa Allah SWT lah yang menghendaki segala apapun yang terjadi diseluruh permukaan bumi ini baik baik maupun buruk. tidaklah manusia bergerak sedikitpun melainkan dengan izin Allah SWT. tidak pulalah sehelai daun gugur dari pohonnya melainkan Allah menghendakinya. yang sudah terjadi, yang sedang terjadi dan yang akan terjadi Allah mengetahuinya.

Semoga sedikit ringkasan diatas bermanfaat dan semakin menambah keimanan kita. sudah seharusnya dasar agama seperti rukun iman ini sudah diajarkan kepada anak anak kita sejak dini. wallahu a'lam bishawab.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan