Bacaan Doa Iftitah Yang Benar Dalam Sholat Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Doa Iftitah Yang Benar Dalam Sholat Bahasa Arab, Latin dan Artinya - Kali ini akan di share mengenai teks bacaan doa iftitah dalam bahasa arab, latin dan artinya. Iftitah atau istiftah sendiri adalah doa yang dibaca dalam shalat setelah takbiratul ihram rakaat pertama dan sebelum ta'awudz atau membaca surat al fatihah. hukum membaca iftitah adalah sunnah baik sebagai makmum ataupun imam serta sholat munfarid(sendirian) atau berjamaah.

Jadi jika anda tidak membaca doa iftitah, anda tidak perlu melakukan sujud syahwi. meski begitu alangkah indahnya jika kita sebisa mungkin tidak meninggalkan sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. sedangkan cara membacanya adalah dibaca dengan sirr(tidak dikeraskan/dalam hati).

baca juga : doa keluar masuk rumah

Bagi anda yang belum mengetahui teks bacaan doa iftitah yang benar sesuai sunnah, kali ini kami akan menyajikan artikel tentang lafadz doa iftitah dalam shalat lengkap dalam teks bahasa arab, tulisan latin beserta terjemahan indonesianya supaya dimengerti makna dan isi kandungan didalamnya.

Bacaan Doa Iftitah Yang Benar Dalam Sholat Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa Iftitah


اَلله أَكْبَر كَبِيْرًا وَالحَمْدُلِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الله بُكْرَةً وَأَصِيْلاً
وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا
أَنَا مِنَ المُشْرِكِيْن . إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ
العَالَمِيْن لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ المُسْلِمِيًن

“Allaahu akbar kabiiraaw wal hamdu lillaahi katsiraw wasub-haanallaahi bukrataw wa ashiila. wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal-ardha, haniifam muslimaw wamaa ana minal musyrikiin. Inna shalaati wanusukii wamah yaaya wama maatii lillaahi rabbil ‘alaamiina. Laasyariika lahu wabidzaalika umirtu wa ana minal muslimiina.”

Artinya : “Allah Maha Besar lagi sempurna kebesarannya, segala puji bagi Allah dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore. Ku hadapkan muka dan hatiku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan berserah diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah karena Allah, Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagiNya, demikianlah aku diperintah dan aku termasuk golongan orang-orang muslim.”

Semoga artikel Bacaan Doa Iftitah Yang Benar Dalam Sholat Bahasa Arab, Latin dan Artinya dalam sholat diatas bisa bermanfaat dan membuat ibadah shalat kita semakin sempurna. karena dengan melengkapi sunnah sunnah shalat termasuk membaca doa iftitah, maka akan menambah pahala sholat kita. wallahu a'lam.

Komentar Sahabat Muslim

Artikel Islam Pilihan