Bacaan Doa Sebelum Makan dan Sesudah makan Arab, Latin dan Artinya

Doa Sebelum Makan dan Doa Sesudah Makan - Kali ini akan dibahas mengenai bacaan doa sebelum dan setelah makan atau minum lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz doa ini dianjurkan dan disunnahkan dibaca ketika kita akan makan dan sesudah makan.

Muslim sendiri terikat dengan aturan indah dan hukum hukum ALLAH SWT yang dibawa melalui Rasulullah SAW. setiap hal yang kita lakukan setiap harinya memiliki adab dan tata cara tersendiri termasuk makan sekalipun. kita biasanya makan 3 kali sehari, pernakah kita menerapkan apa saja yang menjadi anjuran Nabi Muhammad SAW saat makan.

Beberapa adab adab makan sendiri seperti membaca basmallah sebelum makan, makan menggunakan tangan kanan serta mengambil makanan yang terdekat. Nabi sendiri mengajarkan untuk membaca doa sebelum makan terlebih dahulu sebelum kita makan agar makanan kita diberkahi oleh ALLAH SWT dengan harapan mampu menguatkan tubuh kita untuk bisa beribadah kepada ALLAH SWT. begitu juga ketika kita selesai makan, kita disunnahkan membaca doa sesudah makan.

baca juga : doa panjang umur

Lafadz doanya tidak panjang dan cukup singkat, bahkan anda semua pasti sudah banyak yang mengetahuinya karena doa ini sangat umum dan selalu diajarkan oleh orang tua dan guru kita saat masih kecil. langsung saja simak lafadz bacaan doa sebelum makan dan doa sesudah makan atau minum versi tulisan arab dan latin lengkap beserta terjemahan bahasa indonesianya supaya dipahami makna dan isi kandungannya . . .

Doa Sebelum Makan dan Sesudah makan

Doa Sebelum Makan Arab Latin dan Artinya


الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar

Artinya :

Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Doa Sesudah Makan Arab Latin dan Terjemahannya


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja'alanaa minal muslimiin

Artinya :

Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama islam

Itulah bacaan doa sebelum dan sesudah makan lengkap bahasa arab, latin dan artinya. meski doa mudah untuk dihafal, namun yang terpenting dari semua itu adalah proses penerapannya sehari hari. sehingga tidak untuk diketahui saja, namun juga diamalkan. karena salah satu faedah membaca doa sebelum makan dan doa sesudah makan ini ialah syetan tidak akan mampu ikut makan bersama makanan yang kita makan. semoga kita dijadikan orang yang selalu mengamalkan sunnah Nabi Muhammad SAW. Amiin.

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Doa Sebelum Makan dan Sesudah makan Arab, Latin dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel